Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Tubuh – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Sungai Durian, Kotabaru

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Tubuh – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Sungai Durian, Kotabaru


Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Tubuh – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Sungai Durian, Kotabaru - Meski kian ramai pecinta kopi yang mengenali bermacam jenis kopi, namun gak sedikit pula yang ternyata masih tidak mengerti perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang jelas pait, ujar sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesimple itu, tapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan banyak hal, dari jenisnya, tempat penanamannya, lingkungan sekelilingnya, juga pengolahan bijinya. Karena itu, biar pun berjenis sama, cita rasa kopi wilayah Gayo dengan Tana Toraja contohnya, memiliki aroma dan citarasa yang begitu beda.

Tanaman kopi sendiri memiliki verietas yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta ialah verietas terbesar yang terdapat di negeri ini dan digunakan di beberapa kedai kopi.

Akan tetapi, apakah kamu semua telah paham karakter dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 mengartikan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, mempunyai struktur bulir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit tetapi menyandang tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik apabila ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di kebun kopi juga seharusnya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting apabila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap panen juga tak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki aroma yang sedap semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan padat. Tak heran nilainya pula jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Negeri ini yakni kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini banyak timbul adalah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Tubuh – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Sungai Durian, Kotabaru


Kopi Arabica dulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, akan tetapi saat ini di beragam bagian dunia, petani menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karena menyandang cita rasa istimewa, berbeda di setiap daerah penanaman" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat serta tahan penyakit dan hama.

Adapun ciri khusus setidaknya kentara yaitu peringkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat sebab rasa kopi jenis ini nyaris sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, namun sulit didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam satu tahun, perihal ini karna ditanam di suhu yang rendah, sehingga dapat lekas panen" tutur Iwan.

Sebagian wilayah yang ternama oleh kopi robustanya di Indonesia ialah Lampung, pula sebagian wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang sudah memahami dan merasakan berbagai jenis kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya makin banyak Coffee shop yang menyediakan berbagai variasi kopi Arabika.
Walaupun demikian, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah menyambangi artikel dalam website Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Tubuh – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Sungai Durian, Kotabaru, mudah-mudahan ada gunanya.

0 comments