Manfaat Kopi Untuk Wajah – Kios Pembuat Kopi di Banua Lawas, Tabalong

Manfaat Kopi Untuk Wajah – Kios Pembuat Kopi di Banua Lawas, Tabalong


Manfaat Kopi Untuk Wajah – Kios Pembuat Kopi di Banua Lawas, Tabalong - Meski kian ramai penikmat kopi yang mengidentifikasi beraneka macam jenis kopi, tetapi tak sedikit juga yang nyatanya masih tak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, tutur beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesimple itu, akan tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan banyak hal, mulai tipenya, daerah penanamannya, lingkungan kanan kirinya, serta pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, meski pun berjenis sama, citarasa kopi Gayo dan Toraja contohnya, mempunyai aroma serta citarasa yang berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri mempunyai jenis yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta ialah verietas mayoritas yang terdapat di Indonesia dan dipakai di beberapa warung kopi.

Namun, apakah anda semua sudah mengetahui kekhasan dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 mengatakan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, mempunyai wujud bulir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit akan tetapi menyandang taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik bila ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di kebun kopi juga seharusnya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi jenis araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting seandainya ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap panen pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki aroma yang sedap kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan penuh. Tidak heran kualitasnya juga lebih mahal dibanding jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Indonesia yaitu Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini ramai timbul ialah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Kopi Untuk Wajah – Kios Pembuat Kopi di Banua Lawas, Tabalong


Kopi Arabica dulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, tapi kini di beragam belahan dunia, petani menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal lantaran mempunyai cita rasa istimewa, berlainan di tiap wilayah penanaman" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh serta tahan hama.

Adapun kekhasan setidaknya gamblang ialah taraf kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat lantaran rasa kopi macam ini nyaris serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, tapi sukar didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam setahun, kondisi ini karena ditanam di hawa yang rendah, maka bisa lekas panen" tutur Iwan.

Sebagian daerah yang ternama oleh kopi robustanya di Indonesia ialah Lampung, pula sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang sudah mengenal serta merasakan bermacam tipe kopi, bakal lebih selektif dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya makin banyak kafe yang menyediakan berbagai variasi kopi Arabica.
Walaupun begitu, masalah rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah membaca artikel di web Manfaat Kopi Untuk Wajah – Kios Pembuat Kopi di Banua Lawas, Tabalong, semoga berguna.

0 comments