Manfaat Tanaman Kopi Robusta – Kios Mesin Pembuat Kopi di Sumberasih, Probolinggo

Manfaat Tanaman Kopi Robusta – Kios Mesin Pembuat Kopi di Sumberasih, Probolinggo



Manfaat Tanaman Kopi Robusta – Kios Mesin Pembuat Kopi di Sumberasih, Probolinggo - Walaupun makin banyak penikmat kopi yang menandai bermacam tipe kopi, namun tidak sedikit pula yang nyatanya masih gak memahami perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang penting pait, kata sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesimpel itu, tapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan penuh perihal, dari jenisnya, lokasi perkebunannya, lingkungan kanan-kirinya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, meski berjenis serupa, rasa kopi Gayo dengan Toraja misalnya, memiliki aroma dan citarasa yang berlainan.

Tanaman kopi sendiri memiliki verietas yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta adalah jenis terbesar yang ada di Indonesia dan dipakai di sebagian besar warung kopi.

Namun, apakah kalian semua sudah paham karakteristik dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menerangkan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, mempunyai struktur batu yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit tetapi menyandang tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik bila ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di perkebunan juga sebaiknya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karna lebih rentan terkena hama karat daun terpenting bila ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian pula tak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki bebauan yang sedap kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan padat. Tidak heran mutunya pun jauh lebih mahal dibanding tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Nusantara yaitu kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini ramai timbul yakni kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Tanaman Kopi Robusta – Kios Mesin Pembuat Kopi di Sumberasih, Probolinggo


Kopi Arabika dahulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, tetapi masa ini di beragam bagian bumi, petani menanam dan mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal lantaran menyandang cita rasa yang spesial, berbeda di tiap daerah tanam" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kebun di bawah 1.000 M MDPL dengan suhu berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat dan tahan penyakit.

Adapun ciri khusus paling mencolok yaitu taraf kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat lantaran rasa kopi tipe ini nyaris sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, tapi sukar didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam 1 tahun, hal ini lantaran ditanam di hawa rendah, maka bisa cepat pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian kawasan yang ternama dengan kopi robustanya di Tanah Air adalah Lampung, pun beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang pernah mengetahui serta merasakan bermacam jenis kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya kian banyak warung kopi yang menyediakan berbagai varian kopi Arabika.
Kendati seperti itu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah membaca artikel di blog Manfaat Tanaman Kopi Robusta – Kios Mesin Pembuat Kopi di Sumberasih, Probolinggo, mudah-mudahan berguna.

0 comments