Manfaat Tanaman Kopi Robusta – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Tanggulangin, Sidoarjo

Manfaat Tanaman Kopi Robusta – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Tanggulangin, Sidoarjo



Manfaat Tanaman Kopi Robusta – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Tanggulangin, Sidoarjo - Meski makin berlimpah pecinta kopi yang mengidentifikasi bermacam tipe kopi, tapi tidak sedikit pula yang tampaknya masih gak mengetahui perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang terpenting pait, ujar beberapa orang.

Padahal citarasa kopi gak sesimple itu, tapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan penuh perihal, mulai varietasnya, lokasi perkebunannya, lingkungan sekelilingnya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, kendati berjenis serupa, cita rasa kopi Gayo serta Tana Toraja misalnya, mempunyai aroma serta citarasa yang berbeda.

Kopi tu sendiri memiliki jenis yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta adalah verietas mayoritas yang ada di Indonesia dan digunakan di beberapa kedai kopi.

Akan tetapi, apakah kalian semua sudah tahu karakteristik dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menjelaskan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, mempunyai tatanan batu yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit akan tetapi mempunyai peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik seandainya ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lokasi penanaman pun sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi jenis araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik lantaran lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting jika ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap penuaian juga gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki aroma yang harum kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan padat. Tak heran harganya pun jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Tanah Air adalah Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini ramai bermunculan adalah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Manfaat Tanaman Kopi Robusta – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Tanggulangin, Sidoarjo


Kopi Arabika dahulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, tetapi kini di bermacam belahan bumi, petani menanam serta mengembangkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal gara-gara memiliki cita rasa istimewa, berbeda di setiap kawasan tanam" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan temperatur udara antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh juga resistan penyakit.

Adapun kekhasan paling kentara ialah peringkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah sebab rasa kopi tipe ini nyaris sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, tetapi susah ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam setahun, kondisi ini sebab ditanam di temperatur udara yang rendah, maka dapat cepat panen" kata Iwan.

Sebagian wilayah yang ternama oleh kopi robustanya di Negeri ini adalah Lampung, pun beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang pernah memahami serta merasakan berbagai jenis kopi, bakal lebih selektif dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya kian ramai Coffee shop yang menyuguhkan bermacam varian kopi Arabica.
Kendati seperti itu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah mengunjungi risalah di blog Manfaat Tanaman Kopi Robusta – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Tanggulangin, Sidoarjo, mudah-mudahan bermakna.

0 comments