Membuat Kopi Dengan Moka Pot – Toko Online Mesin Pembuat Kopi Di Pondok Aren, Tangerang Selatan

Membuat Kopi Dengan Moka Pot – Toko Online Mesin Pembuat Kopi Di Pondok Aren, Tangerang Selatan


Membuat Kopi Dengan Moka Pot – Toko Online Mesin Pembuat Kopi Di Pondok Aren, Tangerang Selatan - Kendati semakin berlimpah pecinta kopi yang menandai berbagai jenis kopi, tetapi gak sedikit juga yang tampaknya masih tak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, kata beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tak sesimple itu, tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan banyak hal, mulai varietasnya, daerah ditanamna, lingkungan kanan kirinya, dan pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, walau pun berjenis serupa, rasa kopi Gayo Aceh dan Tana Toraja contohnya, memiliki aroma serta cita rasa yang begitu berbeda.

Biji kopi tu sendiri memiliki jenis yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta adalah verietas terbesar yang ada di negeri ini dan dipakai di sebagian besar warkop.

Tetapi, apakah kamu semua sudah mengerti ke-khas-an dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menjelaskan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, menyandang bentuk bulir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit tetapi mempunyai peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik kalau ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lokasi penanaman pun sebaiknya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi jenis araica ini memerlukan perawatan yang lebih bagus karna lebih rentan terkena hama karat daun terpenting kalau ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian juga tak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai aroma yang wangi semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan penuh. Tidak heran harganya juga jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Nusantara yaitu kopi Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang banyak bermunculan adalah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Membuat Kopi Dengan Moka Pot – Toko Online Mesin Pembuat Kopi Di Pondok Aren, Tangerang Selatan


Kopi Arabika dahulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, tapi kini di beragam belahan bumi, orang menanam serta menumbuhkannya. Tak heran produksinya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal sebab menyandang cita rasa khas, berbeda di setiap kawasan tanam" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kebun kurang dari 1.000 M MDPL dengan hawa berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh serta kebal hama & penyakit.

Adapun kekhasan paling menonjol yakni peringkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi jenis ini hampir sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, namun sulit dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali panen dalam 1 tahun, hal ini sebab ditanam di hawa yang rendah, sehingga dapat cepat panen" tutur Iwan.

Sebagian kawasan yang terkenal oleh kopi robustanya di Indonesia adalah Lampung, juga beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang pernah mengetahui serta merasakan beraneka jenis kopi, akan lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya semakin ramai warung kopi yang menyuguhkan beraneka varian kopi Arabika.
Walaupun seperti itu, persoalan rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah mengunjungi risalah di halaman Membuat Kopi Dengan Moka Pot – Toko Online Mesin Pembuat Kopi Di Pondok Aren, Tangerang Selatan, mudah-mudahan ada gunanya.

0 comments