Membuat Kopi Susu Sendiri – Toko Online Mesin Coffee Maker di Sungai Pinang, Ogan Ilir

Membuat Kopi Susu Sendiri – Toko Online Mesin Coffee Maker di Sungai Pinang, Ogan Ilir



Membuat Kopi Susu Sendiri – Toko Online Mesin Coffee Maker di Sungai Pinang, Ogan Ilir - Biar semakin banyak penikmat kopi yang mengenali berbagai tipe kopi, akan tetapi tak sedikit juga yang ternyata masih gak mengerti perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang terpenting pahit, ujar sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesimple itu, tapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan penuh perihal, mulai dari varietasnya, kawasan ditanamna, lingkungan di sekitarnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, walau pun berjenis sama, rasa kopi wilayah Gayo dengan Tana Toraja contohnya, menyandang aroma dan flavour yang begitu beda.

Biji kopi tu sendiri menyandang jenis yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta adalah verietas mayoritas yang terdapat di tanah air serta digunakan di beberapa warung kopi.

Tapi, apakah kamu semua sudah paham kekhasan dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 menggambarkan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, menyandang wujud butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit tapi menyandang taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik seandainya ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di lokasi penanaman juga hendaknya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karna lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama bila ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam setiap panen juga tak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki aroma yang sedap serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan padat. Tak heran nilainya pula lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Nusantara adalah kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini banyak timbul ialah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Membuat Kopi Susu Sendiri – Toko Online Mesin Coffee Maker di Sungai Pinang, Ogan Ilir


Kopi Arabika dahulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, akan tetapi sekarang di beragam bagian bumi, petani menanam dan menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karna menyandang cita rasa yang istimewa, berbeda di setiap daerah tanam" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian kurang dari 1.000 meter MDPL dengan suhu kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat dan resistan hama & penyakit.

Adapun ciri khusus paling kentara adalah tingkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi jenis ini hampir sama. Memang ada pula kopi robusta yang enak, akan tetapi susah didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam setahun, perihal ini lantaran ditanam di hawa rendah, sehingga dapat cepat panen" kata Iwan.

Sebagian daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Indonesia antara lain Lampung, juga beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang telah mengetahui serta merasakan beragam tipe kopi, bakal lebih selektif dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya semakin ramai warung kopi yang menyajikan berbagai variasi kopi Arabica.
Walaupun demikian, masalah rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah menyambangi informasi di halaman Membuat Kopi Susu Sendiri – Toko Online Mesin Coffee Maker di Sungai Pinang, Ogan Ilir, mudah-mudahan ada manfaatnya.

0 comments