Membuat Kopi Vietnam Drip – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Semin, Gunung Kidul

Membuat Kopi Vietnam Drip – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Semin, Gunung Kidul



Membuat Kopi Vietnam Drip – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Semin, Gunung Kidul - Biar semakin berlimpah pecinta kopi yang menandai bermacam jenis kopi, tapi gak sedikit juga yang ternyata masih tidak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pait, ujar sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tak sesimple itu, tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan penuh perihal, mulai kelasnya, kawasan peraniannya, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan biji kopinya. Itulah sebabnya, biar pun dengan jenis sama, rasa kopi wilayah Gayo dan Tana Toraja misalnya, menyandang aroma serta flavour yang begitu berbeda.

Kopi tu sendiri memiliki verietas yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica serta Robusta adalah jenis terbesar yang terdapat di negeri ini serta dipakai di beberapa warung kopi.

Tapi, apakah kalian semua telah paham keunikan dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menyatakan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, memiliki tatanan biji yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit tapi menyandang tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di kebun kopi pun semestinya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karena lebih rentan terkena hama karat daun terpenting jika ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica menyandang bebauan yang harum semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan penuh. Tak heran harganya pun jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Tanah Air yaitu Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini banyak timbul yakni kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Membuat Kopi Vietnam Drip – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Semin, Gunung Kidul


Kopi Arabika dulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, namun masa ini di berbagai belahan dunia, petani menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa khas, berbeda di setiap kawasan tanam" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 M MDPL dengan hawa antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh serta kebal penyakit.

Adapun keunikan paling jelas yakni taraf kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi varietas ini hampir serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, tetapi sukar ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam satu tahun, hal ini karena ditanam di suhu rendah, sehingga bisa cepat panen" kata Iwan.

Sebagian kawasan yang ternama oleh kopi robustanya di Tanah Air adalah Lampung, juga sebagian wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang pernah memahami dan merasakan bermacam jenis kopi, akan lebih selektif dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya makin ramai Coffee shop yang menyediakan berbagai variasi kopi Arabica.
Meski begitu, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks sudah menyambangi artikel di halaman Membuat Kopi Vietnam Drip – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Semin, Gunung Kidul, semoga ada manfaatnya.

0 comments