Meracik Kopi Enak – Kios Mesin Pembuat Kopi di Sungai Tabukan, Hulu Sungai Utara

Meracik Kopi Enak – Kios Mesin Pembuat Kopi di Sungai Tabukan, Hulu Sungai Utara


Meracik Kopi Enak – Kios Mesin Pembuat Kopi di Sungai Tabukan, Hulu Sungai Utara - Walaupun makin berlimpah pecinta kopi yang mengenali bermacam jenis kopi, akan tetapi tak sedikit juga yang nyatanya masih gak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, ujar sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesimpel itu, tapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan penuh perihal, dari varietasnya, tempat peraniannya, lingkungan sekelilingnya, serta pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, meski pun dengan jenis sama, cita rasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja umpamanya, mempunyai aroma serta cita rasa yang berbeda.

Biji kopi tu sendiri mempunyai jenis yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta adalah verietas mayoritas yang terdapat di negeri ini serta digunakan di beberapa coffee shop.

Tapi, apakah anda semua sudah tahu keistimewaan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 mengatakan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, mempunyai tatanan batu yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit akan tetapi memiliki taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik bila ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter MDPL. Suhu di kebun kopi juga seharusnya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini memerlukan perawatan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama apabila ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian juga gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki aroma yang sedap semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan penuh. Tak heran mutunya juga lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Nusantara ialah kopi Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang saat ini ramai bermunculan yakni kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Meracik Kopi Enak – Kios Mesin Pembuat Kopi di Sungai Tabukan, Hulu Sungai Utara


Kopi Arabika dahulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, tapi saat ini di beragam bagian dunia, petani menanam dan menumbuhkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal gara-gara mempunyai cita rasa yang istimewa, berlainan di tiap daerah penanaman" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kebun kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat juga tahan penyakit.

Adapun ciri khas setidaknya kentara ialah tingkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis gara-gara rasa kopi jenis ini nyaris serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, tapi sulit ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam satu tahun, perihal ini karena ditanam di suhu yang rendah, maka dapat lekas pemanenan" kata Iwan.

Sebagian daerah yang ternama dengan kopi robustanya di Tanah Air yaitu Lampung, juga sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang sudah mengetahui dan merasakan beragam jenis kopi, akan lebih selektif dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya kian ramai kedai kopi yang menyuguhkan beragam variasi kopi Arabika.
Walaupun demikian, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah menyambangi risalah dalam blog Meracik Kopi Enak – Kios Mesin Pembuat Kopi di Sungai Tabukan, Hulu Sungai Utara, semoga bermanfaat.

0 comments