Meracik Kopi Enak – Online Shop Coffee Maker di Cibitung, Pandeglang

Meracik Kopi Enak – Online Shop Coffee Maker di Cibitung, Pandeglang


Meracik Kopi Enak – Online Shop Coffee Maker di Cibitung, Pandeglang - Biar kian banyak pecinta kopi yang mengenali bermacam jenis kopi, tapi tidak sedikit juga yang nyatanya masih tak mengerti perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang terpenting pait, ujar sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesimple itu, tapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan penuh perihal, dari kelasnya, lokasi penanamannya, lingkungan kanan kirinya, dan pengolahan bijinya. Itu sebabnya, kendati dengan jenis serupa, cita rasa kopi Gayo dan Toraja Sulsel umpamanya, mempunyai aroma serta flavour yang begitu berbeda.

Kopi sendiri memiliki jenis yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta adalah jenis terbesar yang ada di negeri ini dan digunakan di beberapa coffee shop.

Tetapi, apakah kalian semua sudah tahu karakteristik dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menyatakan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, mempunyai bentuk biji yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit tapi mempunyai peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus jika ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di kebun kopi juga semestinya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini memerlukan perawatan yang lebih baik lantaran lebih rentan terserang hama karat daun terpenting jika ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap penuaian pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica menyandang aroma yang wangi kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta padat. Tak heran harganya juga lebih mahal dibanding jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Negeri ini ialah Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang ramai timbul yakni kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Meracik Kopi Enak – Online Shop Coffee Maker di Cibitung, Pandeglang


Kopi Arabica dahulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, tetapi kini di bermacam belahan bumi, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran produksinya melimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa spesial, berlainan di tiap wilayah tanam" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian di bawah 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh juga tahan hama & penyakit.

Adapun keistimewaan paling menonjol ialah tingkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah gara-gara rasa kopi macam ini hampir sama. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, namun sulit dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam satu tahun, kondisi ini karna ditanam di temperatur udara yang rendah, sehingga bisa cepat panen" ujar Iwan.

Sebagian kawasan yang ternama oleh kopi robustanya di Indonesia ialah Lampung, pula beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang pernah mengenal dan merasakan beraneka veretas kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya kian ramai kedai kopi yang menyajikan beragam varian kopi Arabica.
Kendati begitu, masalah rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah membaca informasi dalam website Meracik Kopi Enak – Online Shop Coffee Maker di Cibitung, Pandeglang, mudah-mudahan bermakna.

0 comments