Meracik Kopi Susu – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Teluk Sampit, Kotawaringin Timur

Meracik Kopi Susu – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Teluk Sampit, Kotawaringin Timur



Meracik Kopi Susu – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Teluk Sampit, Kotawaringin Timur - Biar makin banyak penikmat kopi yang mengenali bermacam jenis kopi, namun tidak sedikit juga yang ternyata masih tak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pait, tutur sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tak sesederhana itu, akan tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan penuh perihal, dari varietasnya, lokasi perkebunannya, lingkungan sekitarnya, serta pengolahan biji kopinya. Karena itu, kendati berjenis sama, rasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja umpamanya, memiliki aroma serta cita rasa yang berbeda.

Biji kopi sendiri mempunyai jenis yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta adalah verietas mayoritas yang ada di Indonesia dan digunakan di sebagian besar warung kopi.

Tapi, apakah kalian semua pernah tahu ke-khas-an dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 menjelaskan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, menyandang tatanan biji lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit tapi mempunyai taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 M MDPL. Suhu di lahan kopi juga hendaknya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting seandainya ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian pun gak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica menyandang aroma yang sedap seperti buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tak heran nilainya pun jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Negeri ini yakni kopi Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini ramai timbul adalah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Meracik Kopi Susu – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Teluk Sampit, Kotawaringin Timur


Kopi Arabika dahulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tetapi kini di berbagai belahan bumi, petani menanam dan menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karna mempunyai cita rasa istimewa, berbeda di tiap kawasan penanaman" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian kebun kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh serta tahan penyakit & hama.

Adapun kekhasan paling menonjol yakni tingkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih hemat lantaran rasa kopi jenis ini nyaris serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, namun susah didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam setahun, kondisi ini sebab ditanam di temperatur udara yang rendah, sehingga bisa lekas panen" kata Iwan.

Beberapa kawasan yang tersohor oleh kopi robustanya di Nusantara yaitu Lampung, juga sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang sudah mengetahui serta merasakan bermacam veretas kopi, bakal lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah penyebabnya kian ramai kedai kopi yang menyuguhkan bermacam variasi kopi Arabica.
Kendati demikian, masalah rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah membaca artikel dalam website Meracik Kopi Susu – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Teluk Sampit, Kotawaringin Timur, moga-moga ada manfaatnya.

0 comments