Meracik Kopi Yg Enak – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Curup Selatan, Rejang Lebong

Meracik Kopi Yg Enak – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Curup Selatan, Rejang Lebong


Meracik Kopi Yg Enak – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Curup Selatan, Rejang Lebong - Biar kian ramai penikmat kopi yang mengenali berbagai jenis kopi, tetapi tak sedikit juga yang nyatanya masih tak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, kata beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesimple itu, namun lebih komplek serta kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan banyak hal, dari varietasnya, tempat perkebunannya, lingkungan kanan-kirinya, juga pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, kendati berjenis serupa, rasa kopi Gayo Aceh dengan Tana Toraja contohnya, menyandang aroma dan flavour yang begitu beda.

Tanaman kopi tu sendiri mempunyai jenis yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta ialah jenis mayoritas yang terdapat di tanah air serta dipakai di sebagian besar warkop.

Namun, apakah kalian semua telah mengetahui keunikan dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menerangkan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, menyandang struktur biji lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit tapi menyandang tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik bila ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 meter MDPL. Suhu di lokasi penanaman juga seharusnya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe araica ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama apabila ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki bebauan yang harum seperti buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan padat. Tak heran harganya juga lebih mahal dibanding jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Nusantara adalah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini banyak timbul yaitu kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Meracik Kopi Yg Enak – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Curup Selatan, Rejang Lebong


Kopi Arabica dulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, akan tetapi saat ini di beragam belahan bumi, orang menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal gara-gara menyandang cita rasa spesial, berbeda di setiap kawasan penanaman" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 M MDPL dengan hawa kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat dan tahan hama.

Adapun keunikan setidaknya kentara adalah tingkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karna rasa kopi tipe ini nyaris sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, namun sukar dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, perihal ini karna ditanam di suhu yang rendah, sehingga bisa cepat pemanenan" kata Iwan.

Sebagian daerah yang tersohor dengan kopi robustanya di Tanah Air adalah Lampung, pula beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang sudah mengetahui dan merasakan beraneka tipe kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya makin ramai Coffee shop yang menyajikan beragam variasi kopi Arabika.
Walaupun seperti itu, masalah rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah menyambangi tulisan dalam blog Meracik Kopi Yg Enak – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Curup Selatan, Rejang Lebong, moga-moga berpengaruh.

0 comments