Resep Membuat Kopi Ala Cafe – Toko Online Pembuat Kopi Di Tangerang, Tangerang

Resep Membuat Kopi Ala Cafe – Toko Online Pembuat Kopi Di Tangerang, Tangerang


Resep Membuat Kopi Ala Cafe – Toko Online Pembuat Kopi Di Tangerang, Tangerang - Meski makin ramai pecinta kopi yang mengidentifikasi beragam tipe kopi, namun tidak sedikit pula yang nyatanya masih gak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, tutur beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tak sesimple itu, tapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan banyak hal, mulai kelasnya, lokasi ditanamna, lingkungan kanan kirinya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, meski pun berjenis serupa, citarasa kopi Gayo dan Tana Toraja umpamanya, mempunyai aroma serta flavour yang berlainan.

Biji kopi sendiri menyandang jenis yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta ialah jenis terbesar yang ada di negeri ini serta digunakan di beberapa warung kopi.

Tetapi, apakah anda semua telah tahu ke-khas-an dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menyatakan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, menyandang bentuk bulir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit akan tetapi mempunyai tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus apabila ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di kebun kopi pun seharusnya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus sebab lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama kalau ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam setiap panen pula tak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai aroma yang wangi kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta penuh. Tidak heran mutunya juga lebih mahal dibanding jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Negeri ini yakni kopi Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini banyak muncul ialah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Resep Membuat Kopi Ala Cafe – Toko Online Pembuat Kopi Di Tangerang, Tangerang


Kopi Arabika dahulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, tapi kini di bermacam belahan bumi, orang menanam serta menumbuhkannya. Tak heran produksinya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karna mempunyai cita rasa yang khas, berbeda di tiap-tiap daerah tanam" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan acapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian kebun kurang dari 1.000 meter MDPL dengan suhu berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh serta resistan hama dan penyakit.

Adapun ciri khas setidaknya mencolok adalah tingkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat lantaran rasa kopi tipe ini hampir serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, akan tetapi sukar ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam satu tahun, hal ini lantaran ditanam di hawa rendah, sehingga dapat lekas pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa daerah yang tersohor oleh kopi robustanya di Tanah Air antara lain Lampung, juga beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang pernah memahami serta merasakan bermacam tipe kopi, bakal lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin ramai kedai kopi yang menyajikan beraneka varian kopi Arabica.
Kendati demikian, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah mengunjungi risalah dalam halaman Resep Membuat Kopi Ala Cafe – Toko Online Pembuat Kopi Di Tangerang, Tangerang, mudah-mudahan ada manfaatnya.

0 comments