Resep Membuat Kopi Tanpa Ampas – Onlineshop Coffee Maker Di Temanggung, Temanggung

Resep Membuat Kopi Tanpa Ampas – Onlineshop Coffee Maker Di Temanggung, Temanggung



Resep Membuat Kopi Tanpa Ampas – Onlineshop Coffee Maker Di Temanggung, Temanggung - Kendati kian ramai pecinta kopi yang menandai berbagai jenis kopi, namun tidak sedikit juga yang nyatanya masih gak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, tutur beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesimple itu, namun lebih rumit dan kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan banyak hal, mulai varietasnya, kawasan perkebunannya, lingkungan sekitarnya, serta pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, walaupun berjenis sama, citarasa kopi Gayo Aceh dan Toraja Sulsel contohnya, menyandang aroma dan flavour yang berlainan.

Tanaman kopi sendiri mempunyai verietas yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta ialah verietas terbesar yang terdapat di Indonesia serta digunakan di beberapa warung kopi.

Tetapi, apakah kamu semua telah mengetahui karakteristik dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menerangkan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, mempunyai tatanan butir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit tetapi menyandang taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik apabila ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di kebun kopi pun sebaiknya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama seandainya ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap panen juga tak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai bebauan yang wangi semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan penuh. Tidak heran kualitasnya juga jauh lebih mahal dibanding tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Negeri ini adalah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini ramai muncul yaitu kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Resep Membuat Kopi Tanpa Ampas – Onlineshop Coffee Maker Di Temanggung, Temanggung


Kopi Arabica dahulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, tapi kini di bermacam belahan dunia, orang menanam dan mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karna menyandang cita rasa spesial, berbeda di setiap daerah tanam" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian lahan di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh juga kebal hama & penyakit.

Adapun keistimewaan paling mencolok yakni peringkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi jenis ini hampir sama. Memang ada juga kopi robusta yang enak, akan tetapi sulit dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam satu tahun, kondisi ini lantaran ditanam di hawa yang rendah, sehingga bisa lekas panen" kata Iwan.

Beberapa daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Indonesia yakni Lampung, pula beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang sudah memahami dan merasakan berbagai tipe kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya semakin ramai Coffee shop yang menyediakan beraneka varian kopi Arabika.
Walaupun seperti itu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah menyambangi risalah di website Resep Membuat Kopi Tanpa Ampas – Onlineshop Coffee Maker Di Temanggung, Temanggung, semoga bermakna.

0 comments