10 Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia – Penjual Mesin Coffee Maker di Dusun Timur, Barito Timur

10 Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia – Penjual Mesin Coffee Maker di Dusun Timur, Barito Timur


10 Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia – Penjual Mesin Coffee Maker di Dusun Timur, Barito Timur - Kendati makin ramai pecinta kopi yang mengidentifikasi beragam tipe kopi, akan tetapi gak sedikit juga yang nyatanya masih tidak memahami perbedaan kopi arabika dan robusta. yang jelas pahit, ujar sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tak sesederhana itu, akan tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan banyak hal, mulai jenisnya, lokasi peraniannya, lingkungan kanan kirinya, serta pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, meski pun dengan jenis sama, cita rasa kopi wilayah Gayo dan Toraja Sulsel umpamanya, menyandang aroma serta flavour yang begitu beda.

Kopi tu sendiri mempunyai jenis yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta adalah jenis terbesar yang ada di negeri ini serta digunakan di beberapa warkop.

Akan tetapi, apakah kalian semua pernah mengerti keistimewaan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menjelaskan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, mempunyai bentuk butir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit namun memiliki peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus jika ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 M MDPL. Suhu di perkebunan pun seharusnya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus karna lebih rentan terkena hama karat daun terutama bila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen pun tak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang bebauan yang wangi semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan penuh. Tidak heran kualitasnya pula lebih mahal ketimbang tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Nusantara adalah Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini ramai bermunculan adalah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

10 Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia – Penjual Mesin Coffee Maker di Dusun Timur, Barito Timur


Kopi Arabika dulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, akan tetapi saat ini di bermacam belahan dunia, orang menanam dan mengembangkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal lantaran memiliki cita rasa yang khas, berlainan di setiap wilayah tanam" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kebun kurang dari 1.000 meter MDPL dengan hawa antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh serta tahan penyakit dan hama.

Adapun ciri khusus paling kentara yaitu peringkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi tipe ini nyaris sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, tapi susah didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam setahun, kondisi ini karna ditanam di temperatur udara yang rendah, sehingga bisa lekas panen" ujar Iwan.

Sebagian wilayah yang terkenal dengan kopi robustanya di Nusantara antara lain Lampung, pula sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang sudah memahami dan merasakan beragam tipe kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya makin ramai kafe yang menyuguhkan bermacam variasi kopi Arabica.
Walaupun seperti itu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah mengunjungi artikel dalam website 10 Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia – Penjual Mesin Coffee Maker di Dusun Timur, Barito Timur, moga-moga bermanfaat.

0 comments