Cara Membuat Kopi Sendiri – Onlineshop Coffee Maker Di Sei Balai, Batu Bara

Cara Membuat Kopi Sendiri – Onlineshop Coffee Maker Di Sei Balai, Batu Bara


Cara Membuat Kopi Sendiri – Onlineshop Coffee Maker Di Sei Balai, Batu Bara - Walaupun makin berlimpah pecinta kopi yang menandai beraneka macam jenis kopi, akan tetapi tak sedikit juga yang tampaknya masih gak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, kata sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesimpel itu, tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan banyak hal, mulai dari tipenya, area ditanamna, lingkungan kanan kirinya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, walaupun berjenis serupa, rasa kopi Gayo dan Tana Toraja contohnya, memiliki aroma dan cita rasa yang berbeda.

Biji kopi sendiri memiliki jenis yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta ialah jenis terbesar yang ada di negeri ini dan digunakan di beberapa warung kopi.

Tetapi, apakah kalian semua sudah mengetahui keunikan dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 mengatakan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, memiliki struktur bulir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit namun memiliki peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus kalau ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di lahan kopi juga sebaiknya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi tipe araica ini membutuhkan perawatan yang lebih baik lantaran lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting bila ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap panen pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki bebauan yang sedap semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan penuh. Tidak heran kualitasnya pula jauh lebih mahal dibanding jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Negeri ini ialah kopi Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini ramai bermunculan adalah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Cara Membuat Kopi Sendiri – Onlineshop Coffee Maker Di Sei Balai, Batu Bara


Kopi Arabika dahulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi masa ini di beragam bagian dunia, petani menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karna memiliki cita rasa yang khas, berbeda di setiap kawasan penanaman" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 M MDPL dengan suhu kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh juga resistan hama & penyakit.

Adapun keunikan paling gamblang adalah tingkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis karna rasa kopi jenis ini hampir sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, tapi sulit ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam satu tahun, hal ini lantaran ditanam di suhu yang rendah, sehingga bisa lekas panen" tutur Iwan.

Sebagian wilayah yang tersohor dengan kopi robustanya di Nusantara antara lain Lampung, pula beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang pernah mengenal dan merasakan berbagai veretas kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya kian banyak Coffee shop yang menyediakan beragam varian kopi Arabica.
Walaupun demikian, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah membaca risalah di halaman Cara Membuat Kopi Sendiri – Onlineshop Coffee Maker Di Sei Balai, Batu Bara, mudah-mudahan ada gunanya.

0 comments