Cara Meracik Kopi Kapal Api Yg Enak – Toko Pembuat Kopi di Ulu Ogan, OKU

Cara Meracik Kopi Kapal Api Yg Enak – Toko Pembuat Kopi di Ulu Ogan, OKU



Cara Meracik Kopi Kapal Api Yg Enak – Toko Pembuat Kopi di Ulu Ogan, OKU - Kendati makin ramai penikmat kopi yang mengenali berbagai tipe kopi, tapi tidak sedikit pula yang tampaknya masih gak mengetahui perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang penting pait, ujar sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesederhana itu, akan tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan banyak hal, mulai varietasnya, kawasan penanamannya, lingkungan sekelilingnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, walaupun dengan jenis serupa, rasa kopi Gayo dan Toraja contohnya, mempunyai aroma serta flavour yang berbeda.

Kopi tu sendiri menyandang verietas yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica serta Robusta adalah jenis mayoritas yang terdapat di negeri ini serta digunakan di sebagian besar kedai kopi.

Tetapi, apakah kalian semua telah mengetahui kekhasan dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menyatakan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, menyandang struktur bulir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit tetapi menyandang peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik bila ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 M MDPL. Suhu di kebun kopi juga semestinya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik lantaran lebih rentan terkena hama karat daun terutama kalau ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap panen pun tak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki bebauan yang sedap kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan padat. Tak heran mutunya juga lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Nusantara adalah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini ramai muncul ialah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Cara Meracik Kopi Kapal Api Yg Enak – Toko Pembuat Kopi di Ulu Ogan, OKU


Kopi Arabica dahulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, akan tetapi masa ini di bermacam bagian bumi, orang menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal gara-gara mempunyai cita rasa yang khas, berlainan di tiap wilayah tanam" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian perkebunan di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan temperatur udara berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh juga kebal penyakit.

Adapun keunikan paling mencolok ialah taraf kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat karna rasa kopi jenis ini nyaris sama. Memang ada pula kopi robusta yang nikmat, namun susah dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, kondisi ini karena ditanam di temperatur udara yang rendah, maka bisa cepat pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa kawasan yang tersohor dengan kopi robustanya di Nusantara yaitu Lampung, juga sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang sudah mengetahui dan merasakan berbagai jenis kopi, bakal lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah penyebabnya makin banyak kafe yang menyuguhkan bermacam variasi kopi Arabika.
Meski seperti itu, masalah rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah menyambangi informasi di halaman Cara Meracik Kopi Kapal Api Yg Enak – Toko Pembuat Kopi di Ulu Ogan, OKU, semoga berguna.

0 comments