Jenis Bibit Kopi Arabika – Toko Online Pembuat Kopi Di Candi, Sidoarjo

Jenis Bibit Kopi Arabika – Toko Online Pembuat Kopi Di Candi, Sidoarjo



Jenis Bibit Kopi Arabika – Toko Online Pembuat Kopi Di Candi, Sidoarjo - Meski kian berlimpah penikmat kopi yang mengenali beragam tipe kopi, akan tetapi gak sedikit juga yang ternyata masih tak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pait, kata beberapa orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesimple itu, tapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan penuh perihal, mulai varietasnya, area perkebunannya, lingkungan sekitarnya, serta pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, kendati berjenis sama, citarasa kopi wilayah Gayo serta Toraja Sulsel umpamanya, menyandang aroma dan flavour yang begitu beda.

Tanaman kopi tu sendiri memiliki verietas yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta ialah jenis mayoritas yang terdapat di negeri ini serta dipakai di sebagian besar warung kopi.

Tapi, apakah kalian semua sudah mengetahui keistimewaan dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menyatakan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, mempunyai struktur butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit tapi mempunyai taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik kalau ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di lahan kopi juga sebaiknya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karna lebih rentan terkena hama karat daun terutama kalau ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam setiap panen pun tak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai bebauan yang wangi semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan padat. Tidak heran nilainya juga jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Indonesia adalah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang banyak timbul ialah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Jenis Bibit Kopi Arabika – Toko Online Pembuat Kopi Di Candi, Sidoarjo


Kopi Arabika dulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, tapi kini di bermacam bagian bumi, petani menanam serta mengembangkannya. Tidak heran produksinya melimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal lantaran menyandang cita rasa yang khas, berbeda di setiap kawasan penanaman" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan acapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 meter MDPL dengan suhu berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat dan resistan penyakit.

Adapun keistimewaan setidaknya gamblang yaitu peringkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat lantaran rasa kopi varietas ini hampir sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, akan tetapi sukar ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam setahun, perihal ini karena ditanam di hawa rendah, maka dapat cepat pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa kawasan yang terkenal dengan kopi robustanya di Negeri ini yaitu Lampung, pula sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang telah memahami dan merasakan beraneka veretas kopi, akan lebih selektif dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya makin banyak warung kopi yang menyediakan berbagai variasi kopi Arabica.
Meski begitu, persoalan rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah menyambangi risalah dalam web Jenis Bibit Kopi Arabika – Toko Online Pembuat Kopi Di Candi, Sidoarjo, semoga ada manfaatnya.

0 comments