Jenis Biji Kopi Arabika – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Jati, Blora

Jenis Biji Kopi Arabika – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Jati, Blora



Jenis Biji Kopi Arabika – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Jati, Blora - Walaupun kian banyak penikmat kopi yang mengidentifikasi bermacam tipe kopi, tapi tak sedikit juga yang nyatanya masih gak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, ujar beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesimpel itu, namun lebih komplek dan kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan banyak hal, dari jenisnya, area perkebunannya, lingkungan sekitarnya, serta pengolahan bijinya. Itu sebabnya, kendati berjenis sama, cita rasa kopi Gayo Aceh dan Toraja misalnya, mempunyai aroma dan cita rasa yang berlainan.

Biji kopi tu sendiri menyandang jenis yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam itu, Arabica serta Robusta adalah jenis mayoritas yang ada di negeri ini dan dipakai di sebagian besar warung kopi.

Namun, apakah kamu semua telah mengetahui keunikan dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menyatakan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, memiliki wujud batu lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit namun memiliki taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik jika ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di kebun kopi pun seharusnya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik sebab lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting apabila ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap panen pun gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai bebauan yang wangi serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tidak heran kualitasnya pula lebih mahal ketimbang jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Negeri ini yakni kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini banyak bermunculan yakni kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Biji Kopi Arabika – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Jati, Blora


Kopi Arabika dulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, akan tetapi masa ini di bermacam bagian bumi, petani menanam dan menumbuhkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karena memiliki cita rasa khas, berbeda di setiap wilayah tanam" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan acapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh serta resistan hama dan penyakit.

Adapun ciri khas setidaknya mencolok ialah peringkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah lantaran rasa kopi jenis ini hampir sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang enak, namun susah dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali panen dalam satu tahun, perihal ini karna ditanam di hawa rendah, sehingga bisa lekas pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa wilayah yang ternama oleh kopi robustanya di Nusantara antara lain Lampung, pun beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang sudah mengetahui dan merasakan beragam tipe kopi, akan lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya kian banyak Coffee shop yang menyajikan berbagai variasi kopi Arabica.
Kendati begitu, persoalan rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks sudah menyambangi tulisan dalam blog Jenis Biji Kopi Arabika – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Jati, Blora, semoga berpengaruh.

0 comments