Jenis Kopi Bali – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Kembang, Jepara

Jenis Kopi Bali – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Kembang, Jepara



Jenis Kopi Bali – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Kembang, Jepara - Kendati kian banyak pecinta kopi yang mengidentifikasi beraneka macam tipe kopi, akan tetapi tidak sedikit juga yang ternyata masih tidak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pait, ujar beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesederhana itu, namun lebih rumit dan kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan banyak hal, dimulai dari kelasnya, tempat ditanamna, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, walaupun dengan jenis serupa, rasa kopi wilayah Gayo dengan Tana Toraja umpamanya, menyandang aroma dan cita rasa yang begitu berbeda.

Kopi sendiri menyandang jenis yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta ialah verietas terbesar yang ada di tanah air serta digunakan di beberapa coffee shop.

Tapi, apakah kamu semua pernah mengetahui karakteristik dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menggambarkan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, mempunyai tatanan bulir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit tetapi memiliki tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus apabila ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di kebun kopi pun sebaiknya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik sebab lebih rentan terkena hama karat daun terpenting kalau ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai bebauan yang wangi serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan padat. Tidak heran mutunya pun jauh lebih mahal dibanding jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Nusantara yaitu kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini ramai muncul yaitu kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Bali – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Kembang, Jepara


Kopi Arabica dahulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, tapi kini di bermacam belahan dunia, petani menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karena menyandang cita rasa yang spesial, berbeda di tiap-tiap wilayah penanaman" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian lahan kurang dari 1.000 M MDPL dengan temperatur udara berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat juga resistan penyakit dan hama.

Adapun ciri khas paling mencolok yaitu tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi jenis ini hampir serupa. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, tapi sulit didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, kondisi ini lantaran ditanam di temperatur udara rendah, sehingga bisa cepat panen" tutur Iwan.

Sebagian kawasan yang tersohor dengan kopi robustanya di Negeri ini antara lain Lampung, pun beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang pernah mengetahui serta merasakan beraneka veretas kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin ramai kedai kopi yang menyajikan beragam varian kopi Arabica.
Meski demikian, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks telah menyambangi artikel dalam web Jenis Kopi Bali – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Kembang, Jepara, mudah-mudahan ada gunanya.

0 comments