Jenis Kopi Robusta Dan Arabika – Toko Mesin Coffee Maker di Sindang Danau, OKU Selatan

Jenis Kopi Robusta Dan Arabika – Toko Mesin Coffee Maker di Sindang Danau, OKU Selatan


Jenis Kopi Robusta Dan Arabika – Toko Mesin Coffee Maker di Sindang Danau, OKU Selatan - Walaupun kian berlimpah pecinta kopi yang mengenali berbagai tipe kopi, akan tetapi tak sedikit pula yang nyatanya masih tidak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pait, kata sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesimpel itu, namun lebih komplek dan kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan penuh perihal, mulai dari varietasnya, daerah penanamannya, lingkungan sekelilingnya, dan pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, meski pun dengan jenis serupa, cita rasa kopi wilayah Gayo dengan Toraja Sulsel contohnya, mempunyai aroma dan cita rasa yang berbeda.

Kopi tu sendiri mempunyai verietas yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta adalah jenis terbesar yang terdapat di tanah air dan dipakai di beberapa warung kopi.

Tetapi, apakah kamu semua pernah mengerti keistimewaan dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 menerangkan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, mempunyai wujud batu lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit tapi mempunyai tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik jika ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di perkebunan pun hendaknya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi jenis araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama apabila ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap penuaian pun tak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai bebauan yang sedap semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan padat. Tidak heran mutunya juga lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Negeri ini ialah kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini ramai muncul ialah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta Dan Arabika – Toko Mesin Coffee Maker di Sindang Danau, OKU Selatan


Kopi Arabica dulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi sekarang di bermacam belahan bumi, petani menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karena menyandang cita rasa spesial, berlainan di tiap kawasan tanam" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian lahan di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh juga kebal penyakit & hama.

Adapun keistimewaan paling jelas yakni tingkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi jenis ini hampir sama. Memang ada pula kopi robusta yang enak, namun sulit didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam setahun, perihal ini sebab ditanam di hawa rendah, sehingga bisa cepat panen" tutur Iwan.

Beberapa kawasan yang tersohor dengan kopi robustanya di Negeri ini ialah Lampung, pun beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang sudah memahami dan merasakan beraneka veretas kopi, bakal lebih selektif dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya kian ramai warung kopi yang menyediakan bermacam variasi kopi Arabika.
Walaupun demikian, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah membaca informasi dalam website Jenis Kopi Robusta Dan Arabika – Toko Mesin Coffee Maker di Sindang Danau, OKU Selatan, mudah-mudahan ada gunanya.

0 comments