Jenis Kopi Robusta Dan Arabika – Onlineshop Coffee Maker di Talun, Pekalongan

Jenis Kopi Robusta Dan Arabika – Onlineshop Coffee Maker di Talun, Pekalongan


Jenis Kopi Robusta Dan Arabika – Onlineshop Coffee Maker di Talun, Pekalongan - Biar semakin ramai pecinta kopi yang mengenali berbagai tipe kopi, tapi tak sedikit pula yang nyatanya masih gak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, tutur beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesimpel itu, namun lebih rumit serta kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan penuh perihal, dari jenisnya, kawasan peraniannya, lingkungan sekelilingnya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, walaupun dengan jenis sama, citarasa kopi Gayo serta Toraja Sulsel contohnya, mempunyai aroma dan citarasa yang berlainan.

Kopi sendiri memiliki verietas yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam itu, Arabica serta Robusta merupakan jenis terbesar yang ada di negeri ini dan dipakai di sebagian besar kedai kopi.

Akan tetapi, apakah kalian semua telah paham kekhasan dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menyatakan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, mempunyai struktur batu lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit tapi menyandang tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus bila ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter MDPL. Suhu di lahan kopi pun hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karna lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama jika ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica menyandang aroma yang harum serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan padat. Tidak heran mutunya pun jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Negeri ini yakni kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini ramai muncul adalah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta Dan Arabika – Onlineshop Coffee Maker di Talun, Pekalongan


Kopi Arabika dahulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi masa ini di berbagai belahan bumi, petani menanam dan mengembangkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal lantaran mempunyai cita rasa istimewa, berbeda di setiap kawasan penanaman" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 M MDPL dengan suhu antara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat juga tahan penyakit dan hama.

Adapun keunikan setidaknya gamblang ialah taraf kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis karna rasa kopi jenis ini hampir sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, tetapi sulit dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam 1 tahun, hal ini lantaran ditanam di hawa yang rendah, maka dapat cepat pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian wilayah yang ternama oleh kopi robustanya di Tanah Air yakni Lampung, pula sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang sudah memahami serta merasakan bermacam veretas kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya makin ramai kedai kopi yang menyuguhkan beraneka varian kopi Arabika.
Kendati begitu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah menyambangi risalah dalam halaman Jenis Kopi Robusta Dan Arabika – Onlineshop Coffee Maker di Talun, Pekalongan, moga-moga ada manfaatnya.

0 comments