Jenis Kopi Robusta – Jual Pembuat Kopi di Sorkam Barat, Tapanuli Tengah

Jenis Kopi Robusta – Jual Pembuat Kopi di Sorkam Barat, Tapanuli Tengah


Jenis Kopi Robusta – Jual Pembuat Kopi di Sorkam Barat, Tapanuli Tengah - Walaupun makin banyak pecinta kopi yang mengenali bermacam jenis kopi, namun gak sedikit pula yang ternyata masih tak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pait, tutur beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesimpel itu, tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan penuh perihal, mulai dari varietasnya, kawasan peraniannya, lingkungan sekelilingnya, juga pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, biar pun dengan jenis serupa, citarasa kopi Gayo Aceh dengan Tana Toraja contohnya, menyandang aroma dan flavour yang begitu beda.

Tanaman kopi tu sendiri mempunyai jenis yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta merupakan verietas terbesar yang ada di tanah air serta dipakai di beberapa coffee shop.

Namun, apakah kalian semua pernah tahu keunikan dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menggambarkan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, mempunyai struktur butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit tapi mempunyai taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus jika ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di lokasi penanaman juga seharusnya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini memerlukan perawatan yang lebih bagus karna lebih rentan terkena hama karat daun terutama jika ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang bebauan yang sedap kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta padat. Tak heran harganya pun lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Negeri ini adalah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini ramai timbul yaitu kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta – Jual Pembuat Kopi di Sorkam Barat, Tapanuli Tengah


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, namun masa ini di bermacam belahan dunia, petani menanam lalu mengembangkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal sebab mempunyai cita rasa yang khas, berbeda di tiap kawasan penanaman" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kurang dari 1.000 M MDPL dengan temperatur udara antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh dan tahan hama.

Adapun ciri khusus setidaknya menonjol adalah tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah lantaran rasa kopi tipe ini nyaris serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, tetapi sukar didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, perihal ini karena ditanam di suhu yang rendah, maka dapat lekas pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian wilayah yang terkenal dengan kopi robustanya di Tanah Air yakni Lampung, pula beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang pernah mengenal dan merasakan bermacam veretas kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya semakin banyak kafe yang menyuguhkan beraneka variasi kopi Arabika.
Kendati seperti itu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah mengunjungi artikel di web Jenis Kopi Robusta – Jual Pembuat Kopi di Sorkam Barat, Tapanuli Tengah, semoga ada gunanya.

0 comments