Jenis Kopi Robusta – Kios Mesin Coffee Maker di Petir, Serang

Jenis Kopi Robusta – Kios Mesin Coffee Maker di Petir, Serang


Jenis Kopi Robusta – Kios Mesin Coffee Maker di Petir, Serang - Meski makin banyak pecinta kopi yang mengidentifikasi beragam jenis kopi, tetapi gak sedikit pula yang nyatanya masih gak mengenal perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang terpenting pait, tutur sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesimpel itu, akan tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan penuh perihal, mulai varietasnya, lokasi perkebunannya, lingkungan kanan-kirinya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, meski dengan jenis serupa, cita rasa kopi Gayo serta Toraja Sulsel contohnya, mempunyai aroma serta cita rasa yang begitu berbeda.

Tanaman kopi sendiri memiliki jenis yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica serta Robusta ialah verietas mayoritas yang ada di Indonesia serta digunakan di beberapa warkop.

Tapi, apakah kalian semua pernah tahu karakteristik dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 mengartikan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, memiliki wujud bulir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit akan tetapi menyandang tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus kalau ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di lokasi penanaman pun hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik sebab lebih rentan terkena hama karat daun terutama kalau ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap panen pun tak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai bebauan yang wangi seperti buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta padat. Tak heran kualitasnya juga jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Negeri ini yakni Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang banyak muncul yaitu kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta – Kios Mesin Coffee Maker di Petir, Serang


Kopi Arabica dahulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, akan tetapi sekarang di bermacam bagian bumi, petani menanam dan mengembangkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karna mempunyai cita rasa yang istimewa, berlainan di tiap-tiap wilayah penanaman" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian kebun di bawah 1.000 M MDPL dengan hawa kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat serta kebal penyakit dan hama.

Adapun keunikan paling eksplisit ialah taraf kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah karena rasa kopi tipe ini nyaris serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, tapi sulit dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam setahun, hal ini sebab ditanam di temperatur udara rendah, maka bisa cepat panen" tutur Iwan.

Beberapa daerah yang tersohor oleh kopi robustanya di Negeri ini yaitu Lampung, pula beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang telah memahami serta merasakan berbagai tipe kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya makin ramai Coffee shop yang menyediakan bermacam variasi kopi Arabika.
Walaupun demikian, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah menyambangi informasi di blog Jenis Kopi Robusta – Kios Mesin Coffee Maker di Petir, Serang, semoga ada manfaatnya.

0 comments