Jenis Kopi Robusta – Penjual Mesin Coffee Maker di Nanga Pinoh

Jenis Kopi Robusta – Penjual Mesin Coffee Maker di Nanga Pinoh


Jenis Kopi Robusta – Penjual Mesin Coffee Maker di Nanga Pinoh - Walaupun semakin berlimpah pecinta kopi yang menandai bermacam tipe kopi, tetapi tidak sedikit pula yang nyatanya masih tidak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, ujar sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesimpel itu, tapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan penuh perihal, mulai tipenya, lokasi perkebunannya, lingkungan kanan-kirinya, serta pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, walaupun berjenis serupa, citarasa kopi Gayo Aceh dan Toraja umpamanya, memiliki aroma serta flavour yang berbeda.

Kopi tu sendiri menyandang verietas yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta merupakan jenis mayoritas yang ada di tanah air dan dipakai di sebagian besar kedai kopi.

Tetapi, apakah kalian semua pernah tahu karakter dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menjelaskan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, mempunyai struktur bulir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit akan tetapi memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik apabila ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di perkebunan juga sebaiknya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi jenis araica ini membutuhkan perawatan yang lebih baik sebab lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama seandainya ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki bebauan yang sedap serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta penuh. Tidak heran nilainya pun jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Tanah Air ialah Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini banyak timbul ialah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta – Penjual Mesin Coffee Maker di Nanga Pinoh


Kopi Arabica dahulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, akan tetapi sekarang di bermacam bagian bumi, petani menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal lantaran memiliki cita rasa yang khas, berbeda di setiap wilayah penanaman" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar serta acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa antara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat serta tahan penyakit dan hama.

Adapun ciri khas setidaknya eksplisit yaitu taraf kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi macam ini nyaris sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, akan tetapi susah ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali pemanenan dalam satu tahun, hal ini karna ditanam di suhu rendah, maka dapat lekas panen" tutur Iwan.

Sebagian daerah yang tersohor oleh kopi robustanya di Negeri ini yakni Lampung, pun sebagian wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang telah mengetahui serta merasakan bermacam tipe kopi, bakal lebih selektif dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya makin banyak kafe yang menyediakan beraneka varian kopi Arabika.
Meski demikian, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah membaca tulisan di halaman Jenis Kopi Robusta – Penjual Mesin Coffee Maker di Nanga Pinoh, semoga ada gunanya.

0 comments