Jenis Kopi Robusta Terbaik – Toko Coffee Maker Di Sosopan, Padang Lawas

Jenis Kopi Robusta Terbaik – Toko Coffee Maker Di Sosopan, Padang Lawas


Jenis Kopi Robusta Terbaik – Toko Coffee Maker Di Sosopan, Padang Lawas - Meski semakin berlimpah penikmat kopi yang mengenali berbagai jenis kopi, tetapi tak sedikit pula yang nyatanya masih tak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, ujar beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesimpel itu, tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan banyak hal, mulai dari tipenya, tempat ditanamna, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan bijinya. Karena sebab itu, walaupun dengan jenis sama, rasa kopi Gayo serta Toraja Sulsel contohnya, menyandang aroma dan citarasa yang berbeda.

Biji kopi sendiri mempunyai verietas yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta adalah verietas mayoritas yang ada di negeri ini serta dipakai di sebagian besar coffee shop.

Namun, apakah kalian semua telah mengerti kekhasan dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menyatakan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, mempunyai tatanan biji yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit tetapi memiliki peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik jika ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 M MDPL. Suhu di kebun kopi pun seharusnya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan perawatan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama bila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen juga gak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki bebauan yang harum seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta penuh. Tak heran kualitasnya juga lebih mahal ketimbang tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Indonesia ialah Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini banyak bermunculan yaitu kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta Terbaik – Toko Coffee Maker Di Sosopan, Padang Lawas


Kopi Arabica dahulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tetapi sekarang di bermacam belahan dunia, petani menanam dan menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal sebab menyandang cita rasa yang khas, berlainan di tiap-tiap kawasan tanam" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian lahan kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh juga kebal penyakit & hama.

Adapun ciri khas paling eksplisit yakni tingkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat karna rasa kopi varietas ini nyaris serupa. Memang ada juga kopi robusta yang enak, namun sulit dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, perihal ini karena ditanam di suhu rendah, sehingga bisa lekas pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Tanah Air yaitu Lampung, pun sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang telah mengenal serta merasakan bermacam tipe kopi, bakal lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya semakin banyak kafe yang menyediakan beraneka varian kopi Arabika.
Meski begitu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah membaca artikel di website Jenis Kopi Robusta Terbaik – Toko Coffee Maker Di Sosopan, Padang Lawas, semoga berpengaruh.

0 comments