Jenis Kopi Robusta Unggul – Toko Mesin Pembuat Kopi di Rawajitu Timur, Tulang Bawang

Jenis Kopi Robusta Unggul – Toko Mesin Pembuat Kopi di Rawajitu Timur, Tulang Bawang


Jenis Kopi Robusta Unggul – Toko Mesin Pembuat Kopi di Rawajitu Timur, Tulang Bawang - Walaupun semakin banyak penikmat kopi yang menandai beraneka macam tipe kopi, namun gak sedikit juga yang tampaknya masih tidak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, ujar beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesederhana itu, namun lebih komplek serta kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan penuh perihal, mulai kelasnya, area penanamannya, lingkungan di sekitarnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, meski dengan jenis serupa, cita rasa kopi wilayah Gayo dan Toraja misalnya, menyandang aroma serta citarasa yang berlainan.

Biji kopi tu sendiri menyandang jenis yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta adalah verietas mayoritas yang ada di tanah air serta dipakai di beberapa warkop.

Akan tetapi, apakah anda semua sudah mengerti kekhasan dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 mengartikan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, menyandang struktur batu lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit akan tetapi menyandang peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik bila ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di kebun kopi juga seharusnya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik sebab lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama bila ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap penuaian juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai aroma yang harum semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta padat. Tak heran harganya juga jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Tanah Air ialah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini banyak bermunculan yaitu kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta Unggul – Toko Mesin Pembuat Kopi di Rawajitu Timur, Tulang Bawang


Kopi Arabica dahulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, tapi saat ini di bermacam bagian bumi, petani menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa spesial, berlainan di setiap wilayah tanam" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian lahan di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan temperatur udara kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat dan tahan penyakit dan hama.

Adapun keunikan paling menonjol yaitu tingkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah karna rasa kopi varietas ini hampir sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, akan tetapi sukar dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam satu tahun, perihal ini karna ditanam di suhu rendah, maka dapat cepat panen" tutur Iwan.

Sebagian kawasan yang tersohor dengan kopi robustanya di Nusantara yakni Lampung, juga beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang sudah mengetahui dan merasakan beraneka jenis kopi, akan lebih selektif dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin ramai warung kopi yang menyajikan berbagai varian kopi Arabika.
Kendati seperti itu, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah mengunjungi tulisan dalam web Jenis Kopi Robusta Unggul – Toko Mesin Pembuat Kopi di Rawajitu Timur, Tulang Bawang, mudah-mudahan bermanfaat.

0 comments