Jenis Kopi Selain Arabika Dan Robusta – Online Shop Pembuat Kopi Di Pakis

Jenis Kopi Selain Arabika Dan Robusta – Online Shop Pembuat Kopi Di Pakis



Jenis Kopi Selain Arabika Dan Robusta – Online Shop Pembuat Kopi Di Pakis - Meski makin ramai pecinta kopi yang mengidentifikasi bermacam tipe kopi, tapi gak sedikit juga yang nyatanya masih gak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, tutur beberapa orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesimple itu, tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan banyak hal, mulai dari tipenya, tempat perkebunannya, lingkungan sekelilingnya, serta pengolahan biji kopinya. Karena itu, biar pun dengan jenis sama, rasa kopi Gayo dan Toraja contohnya, memiliki aroma dan cita rasa yang berlainan.

Tanaman kopi tu sendiri memiliki jenis yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta adalah jenis terbesar yang ada di Indonesia serta dipakai di sebagian besar warkop.

Tapi, apakah kalian semua sudah tahu karakteristik dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menggambarkan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, menyandang wujud butir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit tapi mempunyai tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik seandainya ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di lahan kopi juga semestinya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini memerlukan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terserang hama karat daun terutama seandainya ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica menyandang bebauan yang harum serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta penuh. Tidak heran kualitasnya juga lebih mahal ketimbang jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Tanah Air yakni kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini banyak muncul ialah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Selain Arabika Dan Robusta – Online Shop Pembuat Kopi Di Pakis


Kopi Arabika dahulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, akan tetapi saat ini di berbagai belahan bumi, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal lantaran memiliki cita rasa spesial, berlainan di tiap-tiap wilayah penanaman" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh serta resistan penyakit dan hama.

Adapun kekhasan paling jelas yaitu taraf kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis gara-gara rasa kopi tipe ini hampir serupa. Memang ada pula kopi robusta yang nikmat, namun sulit didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam satu tahun, hal ini sebab ditanam di suhu yang rendah, maka bisa lekas panen" tutur Iwan.

Sebagian kawasan yang terkenal oleh kopi robustanya di Tanah Air yakni Lampung, pula beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang sudah mengenal dan merasakan bermacam veretas kopi, bakal lebih selektif dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya kian banyak warung kopi yang menyediakan beragam varian kopi Arabika.
Walaupun demikian, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah menyambangi tulisan di blog Jenis Kopi Selain Arabika Dan Robusta – Online Shop Pembuat Kopi Di Pakis, semoga ada gunanya.

0 comments