Jenis Kopi Starbucks – Toko Online Pembuat Kopi di Kedungbanteng, Tegal

Jenis Kopi Starbucks – Toko Online Pembuat Kopi di Kedungbanteng, Tegal



Jenis Kopi Starbucks – Toko Online Pembuat Kopi di Kedungbanteng, Tegal - Biar makin banyak penikmat kopi yang mengidentifikasi beragam tipe kopi, tetapi gak sedikit pula yang ternyata masih gak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pait, ujar sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tak sesimpel itu, tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan penuh perihal, dari varietasnya, kawasan perkebunannya, lingkungan kanan kirinya, serta pengolahan biji kopinya. Karena itu, walau pun dengan jenis serupa, citarasa kopi wilayah Gayo dan Toraja Sulsel contohnya, memiliki aroma serta cita rasa yang begitu berbeda.

Biji kopi tu sendiri menyandang verietas yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta merupakan verietas mayoritas yang ada di tanah air serta digunakan di beberapa warkop.

Tetapi, apakah anda semua telah tahu kekhasan dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 mengartikan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, menyandang tatanan butir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit tetapi menyandang tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik kalau ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter MDPL. Suhu di kebun kopi juga semestinya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik karna lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama apabila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica menyandang aroma yang wangi seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta penuh. Tak heran nilainya juga jauh lebih mahal dibanding jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Nusantara adalah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini banyak timbul yaitu kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Starbucks – Toko Online Pembuat Kopi di Kedungbanteng, Tegal


Kopi Arabika dulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, tetapi saat ini di berbagai belahan dunia, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran produksinya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa yang istimewa, berlainan di tiap wilayah penanaman" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian kebun di bawah 1.000 meter MDPL dengan suhu berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh juga kebal penyakit dan hama.

Adapun ciri khusus paling kentara yaitu tingkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis sebab rasa kopi jenis ini hampir sama. Memang ada pula kopi robusta yang nikmat, akan tetapi sulit didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam satu tahun, hal ini sebab ditanam di hawa yang rendah, sehingga bisa cepat panen" ujar Iwan.

Sebagian wilayah yang ternama oleh kopi robustanya di Nusantara yaitu Lampung, pun sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang pernah mengenal dan merasakan bermacam tipe kopi, akan lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya kian banyak kedai kopi yang menyediakan beragam varian kopi Arabika.
Meski begitu, masalah rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah menyambangi artikel dalam website Jenis Kopi Starbucks – Toko Online Pembuat Kopi di Kedungbanteng, Tegal, moga-moga bermanfaat.

0 comments