Jenis Kopi Toraja – Toko Online Mesin Coffee Maker Di Konang, Bangkalan

Jenis Kopi Toraja – Toko Online Mesin Coffee Maker Di Konang, Bangkalan


Jenis Kopi Toraja – Toko Online Mesin Coffee Maker Di Konang, Bangkalan - Kendati kian ramai penikmat kopi yang menandai bermacam jenis kopi, tetapi gak sedikit juga yang ternyata masih gak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, kata beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesederhana itu, tapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan penuh perihal, dimulai dari kelasnya, tempat perkebunannya, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, walaupun dengan jenis serupa, cita rasa kopi wilayah Gayo serta Tana Toraja misalnya, menyandang aroma serta cita rasa yang berbeda.

Biji kopi sendiri memiliki jenis yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta merupakan verietas terbesar yang ada di Indonesia dan digunakan di sebagian besar warkop.

Tapi, apakah kalian semua telah mengerti karakteristik dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menggambarkan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, memiliki tatanan batu lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit namun mempunyai tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik kalau ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di lokasi penanaman juga seharusnya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih baik sebab lebih rentan terkena hama karat daun terutama apabila ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai aroma yang sedap kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tidak heran mutunya pun lebih mahal ketimbang tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Indonesia yaitu Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini banyak timbul yaitu kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Toraja – Toko Online Mesin Coffee Maker Di Konang, Bangkalan


Kopi Arabika dulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, namun kini di beragam belahan bumi, petani menanam dan menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karena mempunyai cita rasa yang khas, berbeda di setiap wilayah tanam" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian lahan kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat juga kebal penyakit & hama.

Adapun ciri khas paling kentara yaitu peringkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat sebab rasa kopi macam ini hampir sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, akan tetapi sulit ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam satu tahun, hal ini lantaran ditanam di suhu rendah, sehingga dapat lekas pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian daerah yang terkenal dengan kopi robustanya di Nusantara adalah Lampung, juga sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang sudah memahami dan merasakan beraneka jenis kopi, bakal lebih selektif dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya makin banyak warung kopi yang menyajikan beragam varian kopi Arabica.
Walaupun seperti itu, persoalan rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah menyambangi risalah di halaman Jenis Kopi Toraja – Toko Online Mesin Coffee Maker Di Konang, Bangkalan, mudah-mudahan ada gunanya.

0 comments