Jenis Kopi Yang Digunakan Kapal Api – Kios Pembuat Kopi di Kuningan

Jenis Kopi Yang Digunakan Kapal Api – Kios Pembuat Kopi di Kuningan



Jenis Kopi Yang Digunakan Kapal Api – Kios Pembuat Kopi di Kuningan - Kendati kian berlimpah pecinta kopi yang mengenali beragam jenis kopi, akan tetapi gak sedikit juga yang tampaknya masih gak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, ujar sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tak sesederhana itu, namun lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan penuh perihal, mulai jenisnya, tempat peraniannya, lingkungan sekitarnya, serta pengolahan bijinya. Itu sebabnya, walau pun berjenis sama, citarasa kopi wilayah Gayo dan Toraja misalnya, memiliki aroma serta flavour yang begitu berbeda.

Kopi tu sendiri mempunyai verietas yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica serta Robusta ialah verietas mayoritas yang ada di Indonesia serta dipakai di beberapa kedai kopi.

Akan tetapi, apakah kalian semua pernah paham keunikan dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menerangkan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, memiliki tatanan butir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit tapi memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik seandainya ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di perkebunan juga seharusnya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi jenis araica ini memerlukan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terkena hama karat daun terpenting kalau ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica menyandang bebauan yang wangi semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan penuh. Tidak heran nilainya juga lebih mahal dibanding jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Indonesia yakni kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang ramai muncul yakni kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Jenis Kopi Yang Digunakan Kapal Api – Kios Pembuat Kopi di Kuningan


Kopi Arabika dahulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, namun kini di bermacam belahan bumi, orang menanam serta menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal gara-gara memiliki cita rasa spesial, berbeda di tiap daerah tanam" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 M MDPL dengan temperatur udara antara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh serta kebal penyakit dan hama.

Adapun kekhasan paling kentara adalah taraf kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat sebab rasa kopi macam ini hampir sama. Memang ada pula kopi robusta yang enak, tetapi sulit ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam satu tahun, hal ini karena ditanam di temperatur udara rendah, sehingga dapat lekas panen" ujar Iwan.

Sebagian kawasan yang terkenal dengan kopi robustanya di Indonesia yakni Lampung, pun beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang pernah mengetahui dan merasakan beragam tipe kopi, bakal lebih selektif dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya semakin ramai kafe yang menyajikan berbagai varian kopi Arabica.
Walaupun begitu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah mengunjungi artikel di blog Jenis Kopi Yang Digunakan Kapal Api – Kios Pembuat Kopi di Kuningan, moga-moga berpengaruh.

0 comments