Jenis Menu Kopi Starbucks – Online Shop Coffee Maker di Simanindo, Samosir

Jenis Menu Kopi Starbucks – Online Shop Coffee Maker di Simanindo, Samosir


Jenis Menu Kopi Starbucks – Online Shop Coffee Maker di Simanindo, Samosir - Kendati kian banyak penikmat kopi yang mengidentifikasi beragam jenis kopi, akan tetapi gak sedikit juga yang tampaknya masih gak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, tutur beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesimple itu, tapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan penuh perihal, dimulai dari tipenya, tempat ditanamna, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, walau pun berjenis sama, rasa kopi wilayah Gayo dan Tana Toraja misalnya, mempunyai aroma serta citarasa yang begitu beda.

Biji kopi sendiri mempunyai jenis yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta merupakan jenis terbesar yang ada di tanah air dan dipakai di beberapa kedai kopi.

Tapi, apakah kamu semua sudah paham kekhasan dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 mengatakan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, mempunyai wujud butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit tapi mempunyai peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik bila ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lokasi penanaman juga sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi jenis araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik sebab lebih rentan terkena hama karat daun terutama seandainya ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai bebauan yang harum serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan padat. Tidak heran nilainya pula jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Indonesia yakni kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini banyak muncul ialah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Jenis Menu Kopi Starbucks – Online Shop Coffee Maker di Simanindo, Samosir


Kopi Arabika dahulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, tapi saat ini di bermacam bagian dunia, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal lantaran memiliki cita rasa yang spesial, berbeda di tiap-tiap wilayah penanaman" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat serta tahan hama dan penyakit.

Adapun ciri khas paling jelas ialah taraf kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis gara-gara rasa kopi tipe ini nyaris sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, akan tetapi sulit dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam satu tahun, kondisi ini sebab ditanam di hawa yang rendah, sehingga dapat lekas panen" kata Iwan.

Sebagian wilayah yang terkenal dengan kopi robustanya di Negeri ini antara lain Lampung, pun beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang pernah memahami dan merasakan berbagai tipe kopi, bakal lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya semakin ramai Coffee shop yang menyajikan berbagai varian kopi Arabika.
Walaupun seperti itu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah membaca informasi di halaman Jenis Menu Kopi Starbucks – Online Shop Coffee Maker di Simanindo, Samosir, mudah-mudahan ada manfaatnya.

0 comments