Jenis Tanaman Kopi Di Indonesia – Toko Online Coffee Maker di Wangon, Banyumas

Jenis Tanaman Kopi Di Indonesia – Toko Online Coffee Maker di Wangon, Banyumas



Jenis Tanaman Kopi Di Indonesia – Toko Online Coffee Maker di Wangon, Banyumas - Biar semakin ramai penikmat kopi yang mengenali beraneka macam jenis kopi, tetapi tak sedikit pula yang ternyata masih gak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, kata beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesederhana itu, akan tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan penuh perihal, dimulai dari kelasnya, kawasan perkebunannya, lingkungan sekelilingnya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, biar pun dengan jenis serupa, cita rasa kopi wilayah Gayo dan Tana Toraja contohnya, memiliki aroma serta cita rasa yang begitu berbeda.

Tanaman kopi sendiri memiliki jenis yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta adalah jenis mayoritas yang ada di negeri ini dan digunakan di sebagian besar coffee shop.

Tapi, apakah kamu semua pernah mengerti karakteristik dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 menjelaskan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, menyandang wujud batu yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit akan tetapi mempunyai tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus apabila ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter MDPL. Suhu di perkebunan pun sebaiknya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karena lebih rentan terkena hama karat daun terutama jika ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang bebauan yang harum seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan padat. Tidak heran mutunya pun jauh lebih mahal dibanding tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Indonesia adalah Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini ramai muncul yakni kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Tanaman Kopi Di Indonesia – Toko Online Coffee Maker di Wangon, Banyumas


Kopi Arabika dahulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, tapi masa ini di bermacam bagian dunia, petani menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran produksinya melimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal sebab mempunyai cita rasa yang khas, berbeda di tiap-tiap kawasan tanam" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar serta seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian lahan kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat dan tahan penyakit.

Adapun ciri khusus paling gamblang yakni peringkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah karna rasa kopi varietas ini nyaris sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, akan tetapi susah ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam setahun, hal ini sebab ditanam di hawa yang rendah, maka bisa cepat pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian kawasan yang tersohor oleh kopi robustanya di Tanah Air yakni Lampung, pula beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang telah memahami dan merasakan beragam jenis kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya semakin ramai kedai kopi yang menyediakan bermacam varian kopi Arabica.
Walaupun seperti itu, masalah rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah mengunjungi informasi di website Jenis Tanaman Kopi Di Indonesia – Toko Online Coffee Maker di Wangon, Banyumas, mudah-mudahan ada manfaatnya.

0 comments