Jenis Tanaman Kopi Di Indonesia – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Semarang Timur, Semarang

Jenis Tanaman Kopi Di Indonesia – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Semarang Timur, Semarang



Jenis Tanaman Kopi Di Indonesia – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Semarang Timur, Semarang - Walaupun semakin ramai pecinta kopi yang menandai beraneka macam jenis kopi, akan tetapi tidak sedikit juga yang nyatanya masih tak mengenal perbedaan kopi arabika dan robusta. yang jelas pahit, kata sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesederhana itu, namun lebih rumit dan kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan penuh perihal, mulai dari kelasnya, daerah ditanamna, lingkungan sekitarnya, serta pengolahan bijinya. Karena itu, walaupun berjenis sama, rasa kopi Gayo Aceh serta Tana Toraja contohnya, menyandang aroma serta flavour yang begitu beda.

Biji kopi tu sendiri memiliki verietas yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta ialah jenis terbesar yang ada di tanah air serta dipakai di beberapa coffee shop.

Tapi, apakah anda semua pernah mengerti kekhasan dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 mengatakan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, mempunyai rupa bulir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit namun memiliki peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik apabila ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di kebun kopi pun semestinya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terserang hama karat daun terutama apabila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam setiap panen pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang aroma yang wangi semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tak heran nilainya pula jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Tanah Air yakni kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini banyak muncul yaitu kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Jenis Tanaman Kopi Di Indonesia – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Semarang Timur, Semarang


Kopi Arabica dulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, tetapi saat ini di berbagai belahan dunia, orang menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal lantaran mempunyai cita rasa khas, berlainan di tiap daerah penanaman" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta acapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian perkebunan di bawah 1.000 meter MDPL dengan hawa kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat dan kebal hama dan penyakit.

Adapun ciri khusus paling eksplisit adalah tingkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah lantaran rasa kopi macam ini hampir serupa. Memang ada pula kopi robusta yang nikmat, akan tetapi sulit dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam satu tahun, kondisi ini karna ditanam di hawa yang rendah, maka bisa lekas panen" ujar Iwan.

Sebagian wilayah yang terkenal oleh kopi robustanya di Tanah Air yaitu Lampung, pun sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang sudah mengetahui serta merasakan berbagai veretas kopi, akan lebih selektif dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya semakin banyak Coffee shop yang menyajikan beragam variasi kopi Arabica.
Meski seperti itu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks telah membaca informasi di website Jenis Tanaman Kopi Di Indonesia – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Semarang Timur, Semarang, moga-moga berguna.

0 comments