Jenis Varietas Kopi Arabika – Onlineshop Pembuat Kopi Di Citangkil, Cilegon

Jenis Varietas Kopi Arabika – Onlineshop Pembuat Kopi Di Citangkil, Cilegon



Jenis Varietas Kopi Arabika – Onlineshop Pembuat Kopi Di Citangkil, Cilegon - Walaupun kian banyak pecinta kopi yang mengenali bermacam jenis kopi, namun gak sedikit pula yang ternyata masih tak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, tutur beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesederhana itu, tapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan banyak hal, dimulai dari tipenya, area perkebunannya, lingkungan di sekitarnya, dan pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, biar pun berjenis serupa, rasa kopi Gayo serta Toraja Sulsel contohnya, memiliki aroma dan cita rasa yang begitu beda.

Kopi sendiri menyandang verietas yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta adalah verietas terbesar yang ada di Indonesia dan digunakan di beberapa warkop.

Namun, apakah anda semua telah tahu karakteristik dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 mengartikan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, memiliki wujud bulir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga nggak berlebihan pahit tapi memiliki peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus kalau ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di lokasi penanaman juga hendaknya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karna lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting kalau ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen pun gak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang aroma yang wangi serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta penuh. Tak heran mutunya pun lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Nusantara yakni kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini ramai bermunculan adalah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Varietas Kopi Arabika – Onlineshop Pembuat Kopi Di Citangkil, Cilegon


Kopi Arabica dulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, namun kini di bermacam bagian bumi, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karna mempunyai cita rasa spesial, berbeda di setiap daerah penanaman" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian di bawah 1.000 M MDPL dengan hawa berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh juga resistan penyakit.

Adapun ciri khusus paling eksplisit yaitu peringkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah sebab rasa kopi macam ini nyaris sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, akan tetapi susah ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam satu tahun, kondisi ini sebab ditanam di hawa yang rendah, sehingga bisa lekas pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian daerah yang terkenal dengan kopi robustanya di Tanah Air yaitu Lampung, pun beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang telah mengetahui dan merasakan bermacam veretas kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya makin ramai kafe yang menyuguhkan bermacam varian kopi Arabica.
Walaupun demikian, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah mengunjungi tulisan dalam blog Jenis Varietas Kopi Arabika – Onlineshop Pembuat Kopi Di Citangkil, Cilegon, moga-moga berguna.

0 comments