Jenis Varietas Kopi Arabika – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Tapin

Jenis Varietas Kopi Arabika – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Tapin



Jenis Varietas Kopi Arabika – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Tapin - Meski kian banyak penikmat kopi yang menandai beraneka macam jenis kopi, akan tetapi tidak sedikit pula yang nyatanya masih tidak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, tutur beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesimpel itu, namun lebih komplek serta kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan penuh perihal, dari varietasnya, lokasi perkebunannya, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan bijinya. Karena itu, biar pun dengan jenis serupa, rasa kopi Gayo Aceh dan Toraja Sulsel umpamanya, mempunyai aroma dan cita rasa yang begitu beda.

Tanaman kopi sendiri memiliki jenis yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta ialah jenis mayoritas yang ada di Indonesia dan digunakan di beberapa warung kopi.

Namun, apakah kalian semua pernah tahu karakter dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 mengartikan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, menyandang bentuk biji lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit namun memiliki tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus bila ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di lokasi penanaman juga hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama seandainya ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap panen pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki aroma yang harum serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta padat. Tak heran kualitasnya pula lebih mahal dibanding jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Negeri ini yakni Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang saat ini banyak timbul yakni kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Jenis Varietas Kopi Arabika – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Tapin


Kopi Arabika dulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tetapi sekarang di beragam bagian bumi, petani menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal sebab menyandang cita rasa khas, berlainan di setiap daerah penanaman" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh serta kebal penyakit dan hama.

Adapun kekhasan paling menonjol ialah peringkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi tipe ini hampir sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, tetapi susah ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam satu tahun, kondisi ini lantaran ditanam di suhu rendah, maka bisa lekas panen" tutur Iwan.

Sebagian wilayah yang ternama dengan kopi robustanya di Negeri ini ialah Lampung, pun sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang pernah mengenal serta merasakan bermacam tipe kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya kian ramai Coffee shop yang menyuguhkan bermacam variasi kopi Arabika.
Meski begitu, masalah rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah mengunjungi tulisan dalam blog Jenis Varietas Kopi Arabika – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Tapin, mudah-mudahan berguna.

0 comments