Khasiat Kopi Hijau Hanis – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Blang Bintang, Aceh Besar

Khasiat Kopi Hijau Hanis – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Blang Bintang, Aceh Besar



Khasiat Kopi Hijau Hanis – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Blang Bintang, Aceh Besar - Meski kian ramai penikmat kopi yang mengenali bermacam jenis kopi, namun tak sedikit pula yang nyatanya masih tak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, ujar sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesederhana itu, namun lebih rumit serta kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan banyak hal, dimulai dari tipenya, daerah peraniannya, lingkungan kanan-kirinya, dan pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, meski pun dengan jenis sama, citarasa kopi Gayo dan Tana Toraja misalnya, mempunyai aroma dan citarasa yang berbeda.

Biji kopi tu sendiri mempunyai verietas yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta merupakan jenis mayoritas yang ada di Indonesia serta digunakan di beberapa kedai kopi.

Akan tetapi, apakah kamu semua telah mengerti keunikan dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menjelaskan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, mempunyai bentuk bulir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga gak berlebihan pahit tetapi mempunyai peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus jika ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lahan kopi juga seharusnya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi jenis araica ini memerlukan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting jika ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang bebauan yang harum seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan penuh. Tidak heran kualitasnya pula jauh lebih mahal dibanding tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Nusantara adalah Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini banyak bermunculan yakni kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hijau Hanis – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Blang Bintang, Aceh Besar


Kopi Arabica dulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, tetapi kini di beragam belahan bumi, petani menanam dan mengembangkannya. Tidak heran produksinya melimpah, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal sebab mempunyai cita rasa istimewa, berlainan di tiap kawasan penanaman" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kebun di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh juga resistan hama.

Adapun keunikan paling kentara ialah taraf kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi tipe ini nyaris sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, namun susah dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam 1 tahun, perihal ini sebab ditanam di hawa rendah, maka dapat lekas panen" kata Iwan.

Beberapa wilayah yang ternama oleh kopi robustanya di Nusantara ialah Lampung, juga sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang telah memahami dan merasakan bermacam jenis kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya makin ramai Coffee shop yang menyediakan beragam varian kopi Arabika.
Meski seperti itu, persoalan rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah membaca tulisan dalam halaman Khasiat Kopi Hijau Hanis – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Blang Bintang, Aceh Besar, semoga ada gunanya.

0 comments