Khasiat Kopi Hijau Hanis – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Babatan

Khasiat Kopi Hijau Hanis – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Babatan



Khasiat Kopi Hijau Hanis – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Babatan - Biar makin berlimpah pecinta kopi yang menandai bermacam jenis kopi, tapi tidak sedikit pula yang nyatanya masih tak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, ujar sebagian orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesederhana itu, tapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan penuh perihal, mulai dari varietasnya, area perkebunannya, lingkungan di sekitarnya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, meski pun berjenis sama, rasa kopi Gayo serta Toraja Sulsel misalnya, mempunyai aroma dan citarasa yang begitu berbeda.

Kopi sendiri mempunyai jenis yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta merupakan verietas terbesar yang ada di Indonesia serta digunakan di beberapa kedai kopi.

Namun, apakah kamu semua telah paham keistimewaan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menerangkan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, menyandang bentuk bulir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit akan tetapi memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus kalau ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lokasi penanaman juga seharusnya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi jenis araica ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang hama karat daun terpenting apabila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang bebauan yang wangi kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta penuh. Tidak heran kualitasnya pun jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Nusantara adalah Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini ramai timbul yakni kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hijau Hanis – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Babatan


Kopi Arabika dulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi saat ini di berbagai bagian dunia, petani menanam dan menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karna memiliki cita rasa yang istimewa, berbeda di setiap kawasan tanam" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kebun di bawah 1.000 M MDPL dengan hawa berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat juga resistan hama.

Adapun kekhasan paling eksplisit ialah taraf kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat lantaran rasa kopi tipe ini hampir sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, akan tetapi susah ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam 1 tahun, perihal ini sebab ditanam di temperatur udara rendah, sehingga bisa cepat pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian daerah yang ternama dengan kopi robustanya di Negeri ini ialah Lampung, pula sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang telah mengetahui serta merasakan beragam jenis kopi, akan lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya kian ramai kafe yang menyediakan beragam variasi kopi Arabika.
Meski begitu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah mengunjungi tulisan di halaman Khasiat Kopi Hijau Hanis – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Babatan, mudah-mudahan berguna.

0 comments