Khasiat Kopi Hijau Jerat Magika – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Sanga-sanga

Khasiat Kopi Hijau Jerat Magika – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Sanga-sanga



Khasiat Kopi Hijau Jerat Magika – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Sanga-sanga - Walaupun makin ramai penikmat kopi yang mengenali berbagai tipe kopi, tapi tak sedikit juga yang tampaknya masih gak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, kata sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesimple itu, tapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan penuh perihal, mulai dari tipenya, lokasi peraniannya, lingkungan kanan-kirinya, serta pengolahan biji kopinya. Karena itu, biar pun dengan jenis serupa, cita rasa kopi Gayo Aceh dan Toraja Sulsel misalnya, memiliki aroma dan flavour yang berlainan.

Tanaman kopi sendiri mempunyai jenis yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta adalah jenis terbesar yang terdapat di negeri ini dan dipakai di sebagian besar kedai kopi.

Akan tetapi, apakah anda semua pernah mengetahui kekhasan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 mengartikan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, memiliki wujud bulir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit akan tetapi mempunyai peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik seandainya ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di kebun kopi pun sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama jika ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap penuaian pula tak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai aroma yang sedap seperti buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta penuh. Tidak heran kualitasnya juga lebih mahal ketimbang jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Tanah Air adalah Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini banyak bermunculan adalah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hijau Jerat Magika – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Sanga-sanga


Kopi Arabica dahulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, tetapi masa ini di berbagai belahan bumi, orang menanam dan mengembangkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karna memiliki cita rasa istimewa, berlainan di tiap-tiap wilayah penanaman" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian lahan kurang dari 1.000 meter MDPL dengan suhu kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat juga resistan penyakit dan hama.

Adapun kekhasan paling mencolok yaitu taraf kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi tipe ini nyaris serupa. Memang ada juga kopi robusta yang enak, tetapi susah dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali panen dalam satu tahun, hal ini lantaran ditanam di temperatur udara rendah, maka bisa cepat panen" tutur Iwan.

Sebagian kawasan yang terkenal dengan kopi robustanya di Nusantara ialah Lampung, pula sebagian wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang pernah memahami serta merasakan berbagai veretas kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya kian ramai kafe yang menyuguhkan beraneka varian kopi Arabika.
Kendati demikian, masalah rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks sudah membaca artikel di halaman Khasiat Kopi Hijau Jerat Magika – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Sanga-sanga, mudah-mudahan berpengaruh.

0 comments