Khasiat Kopi Hijau Karysma – Toko Coffee Maker Di Rantau Pandan, Bungo

Khasiat Kopi Hijau Karysma – Toko Coffee Maker Di Rantau Pandan, Bungo


Khasiat Kopi Hijau Karysma – Toko Coffee Maker Di Rantau Pandan, Bungo - Biar semakin berlimpah penikmat kopi yang menandai berbagai tipe kopi, tetapi tak sedikit juga yang nyatanya masih gak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, tutur sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesederhana itu, tapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan penuh perihal, mulai dari jenisnya, area ditanamna, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, walaupun dengan jenis serupa, rasa kopi wilayah Gayo dengan Toraja Sulsel umpamanya, mempunyai aroma serta citarasa yang berbeda.

Biji kopi tu sendiri memiliki verietas yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam itu, Arabica serta Robusta merupakan jenis mayoritas yang ada di negeri ini dan dipakai di sebagian besar warung kopi.

Tetapi, apakah anda semua pernah tahu kekhasan dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 mengatakan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, memiliki wujud batu yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit tetapi mempunyai tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus apabila ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di lahan kopi juga sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini memerlukan perawatan yang lebih baik karna lebih rentan terkena hama karat daun terutama kalau ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen pun gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai bebauan yang harum kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta padat. Tidak heran kualitasnya pula lebih mahal dibanding tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Negeri ini adalah Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini ramai timbul ialah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hijau Karysma – Toko Coffee Maker Di Rantau Pandan, Bungo


Kopi Arabica dulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, namun masa ini di beragam bagian dunia, orang menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karna memiliki cita rasa khas, berbeda di tiap-tiap daerah penanaman" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kebun di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh serta kebal hama.

Adapun ciri khusus setidaknya mencolok yakni peringkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah karena rasa kopi tipe ini hampir sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, tapi sukar ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam 1 tahun, hal ini karna ditanam di suhu yang rendah, sehingga dapat lekas panen" ujar Iwan.

Beberapa daerah yang ternama dengan kopi robustanya di Tanah Air yakni Lampung, pun beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang pernah mengenal dan merasakan beragam veretas kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya kian banyak warung kopi yang menyajikan bermacam varian kopi Arabica.
Kendati begitu, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah mengunjungi informasi di halaman Khasiat Kopi Hijau Karysma – Toko Coffee Maker Di Rantau Pandan, Bungo, mudah-mudahan ada manfaatnya.

0 comments