Khasiat Kopi Hitam – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Kolang, Tapanuli Tengah

Khasiat Kopi Hitam – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Kolang, Tapanuli Tengah



Khasiat Kopi Hitam – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Kolang, Tapanuli Tengah - Meski makin berlimpah pecinta kopi yang mengidentifikasi berbagai jenis kopi, akan tetapi tidak sedikit pula yang ternyata masih tak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, kata sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesederhana itu, tapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan banyak hal, mulai dari varietasnya, daerah ditanamna, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan bijinya. Karena itu, kendati berjenis sama, citarasa kopi Gayo Aceh serta Toraja contohnya, mempunyai aroma dan citarasa yang begitu berbeda.

Tanaman kopi sendiri mempunyai jenis yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta ialah verietas terbesar yang terdapat di negeri ini dan digunakan di sebagian besar warkop.

Namun, apakah kalian semua sudah tahu keunikan dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 mengartikan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, menyandang rupa batu lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit namun mempunyai peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus kalau ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M MDPL. Suhu di lahan kopi pun semestinya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan perawatan yang lebih bagus sebab lebih rentan terkena hama karat daun terutama seandainya ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian pun gak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki bebauan yang sedap serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tidak heran kualitasnya juga jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Negeri ini yaitu kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini ramai bermunculan ialah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hitam – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Kolang, Tapanuli Tengah


Kopi Arabica dulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, tapi kini di berbagai bagian bumi, orang menanam dan menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal gara-gara memiliki cita rasa khas, berbeda di tiap daerah penanaman" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian kebun di bawah 1.000 M MDPL dengan hawa berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat juga kebal hama & penyakit.

Adapun ciri khas setidaknya jelas yaitu peringkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi jenis ini hampir sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, akan tetapi susah dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam satu tahun, hal ini karna ditanam di hawa rendah, sehingga bisa lekas panen" tutur Iwan.

Sebagian wilayah yang tersohor oleh kopi robustanya di Indonesia adalah Lampung, juga beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang pernah mengenal serta merasakan berbagai veretas kopi, bakal lebih selektif dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya kian ramai Coffee shop yang menyajikan bermacam varian kopi Arabica.
Walaupun begitu, persoalan rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah membaca tulisan dalam web Khasiat Kopi Hitam – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Kolang, Tapanuli Tengah, mudah-mudahan bermanfaat.

0 comments