Khasiat Kopi Hitam Untuk Kulit – Toko Coffee Maker di Praya

Khasiat Kopi Hitam Untuk Kulit – Toko Coffee Maker di Praya



Khasiat Kopi Hitam Untuk Kulit – Toko Coffee Maker di Praya - Meski semakin ramai penikmat kopi yang menandai beragam tipe kopi, namun tak sedikit pula yang ternyata masih gak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, tutur beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesimple itu, tapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan banyak hal, mulai kelasnya, daerah penanamannya, lingkungan di sekitarnya, dan pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, walaupun dengan jenis sama, citarasa kopi Gayo Aceh serta Tana Toraja contohnya, memiliki aroma serta flavour yang berlainan.

Biji kopi sendiri mempunyai verietas yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta merupakan verietas mayoritas yang ada di Indonesia dan dipakai di sebagian besar kedai kopi.

Akan tetapi, apakah kamu semua sudah tahu keistimewaan dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menjelaskan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, mempunyai struktur bulir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit tapi menyandang tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik jika ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di perkebunan juga hendaknya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terserang hama karat daun terpenting kalau ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai bebauan yang harum semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta penuh. Tak heran nilainya juga jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Tanah Air ialah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini ramai muncul adalah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hitam Untuk Kulit – Toko Coffee Maker di Praya


Kopi Arabika dulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, namun saat ini di berbagai bagian bumi, petani menanam dan mengembangkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal sebab menyandang cita rasa yang spesial, berlainan di tiap-tiap daerah tanam" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian perkebunan di bawah 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh serta resistan penyakit.

Adapun keistimewaan setidaknya eksplisit yakni tingkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis karna rasa kopi tipe ini hampir serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, tetapi susah didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam setahun, kondisi ini sebab ditanam di suhu yang rendah, maka bisa cepat panen" ujar Iwan.

Beberapa daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Indonesia adalah Lampung, juga beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang pernah mengenal dan merasakan beraneka tipe kopi, akan lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya makin ramai kedai kopi yang menyediakan bermacam varian kopi Arabica.
Walaupun begitu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah menyambangi informasi di blog Khasiat Kopi Hitam Untuk Kulit – Toko Coffee Maker di Praya, mudah-mudahan berpengaruh.

0 comments