Khasiat Kopi Jantan Merah – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Muara Enim

Khasiat Kopi Jantan Merah – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Muara Enim


Khasiat Kopi Jantan Merah – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Muara Enim - Meski kian banyak penikmat kopi yang mengidentifikasi berbagai jenis kopi, tapi tidak sedikit juga yang tampaknya masih gak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, kata sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesimple itu, akan tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan penuh perihal, dari tipenya, kawasan ditanamna, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan biji kopinya. Karena itu, biar pun berjenis sama, citarasa kopi wilayah Gayo dengan Toraja Sulsel misalnya, mempunyai aroma dan citarasa yang begitu beda.

Biji kopi tu sendiri memiliki jenis yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta ialah jenis terbesar yang terdapat di Indonesia serta dipakai di beberapa kedai kopi.

Tapi, apakah anda semua pernah mengerti karakter dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 mengatakan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, memiliki rupa bulir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit akan tetapi menyandang taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik kalau ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M MDPL. Suhu di lahan kopi pun sebaiknya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama bila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap panen juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica menyandang aroma yang harum seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan padat. Tak heran harganya juga jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Nusantara adalah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini banyak bermunculan ialah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Jantan Merah – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Muara Enim


Kopi Arabica dulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi sekarang di berbagai belahan bumi, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran produksinya melimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal gara-gara memiliki cita rasa yang spesial, berbeda di tiap kawasan penanaman" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan temperatur udara berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat dan kebal hama dan penyakit.

Adapun ciri khas setidaknya menonjol yakni taraf kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah karna rasa kopi macam ini nyaris sama. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, namun sukar dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali pemanenan dalam setahun, kondisi ini karna ditanam di hawa rendah, maka bisa lekas pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian wilayah yang terkenal dengan kopi robustanya di Tanah Air yaitu Lampung, pun beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang pernah memahami serta merasakan bermacam tipe kopi, akan lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya kian ramai Coffee shop yang menyediakan bermacam variasi kopi Arabica.
Kendati demikian, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah mengunjungi informasi di web Khasiat Kopi Jantan Merah – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Muara Enim, semoga berguna.

0 comments