Khasiat Kopi Pahit Bagi Pria – Penjual Coffee Maker di Banjarbaru Utara, Banjarbaru

Khasiat Kopi Pahit Bagi Pria – Penjual Coffee Maker di Banjarbaru Utara, Banjarbaru



Khasiat Kopi Pahit Bagi Pria – Penjual Coffee Maker di Banjarbaru Utara, Banjarbaru - Meski makin berlimpah penikmat kopi yang mengidentifikasi berbagai tipe kopi, akan tetapi gak sedikit pula yang tampaknya masih tak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, kata beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tak sesimple itu, tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan banyak hal, dimulai dari tipenya, area perkebunannya, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, walaupun berjenis sama, cita rasa kopi Gayo Aceh dan Toraja Sulsel contohnya, memiliki aroma serta cita rasa yang berbeda.

Biji kopi tu sendiri mempunyai verietas yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta adalah jenis mayoritas yang ada di tanah air dan digunakan di beberapa warung kopi.

Namun, apakah kalian semua pernah tahu karakter dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 menggambarkan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, menyandang rupa butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit namun menyandang tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik apabila ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di lokasi penanaman juga seharusnya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini membutuhkan perawatan yang lebih baik lantaran lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama apabila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai bebauan yang sedap semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta penuh. Tidak heran mutunya pula lebih mahal ketimbang tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Nusantara ialah Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang saat ini ramai bermunculan yaitu kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Pahit Bagi Pria – Penjual Coffee Maker di Banjarbaru Utara, Banjarbaru


Kopi Arabika dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, akan tetapi masa ini di berbagai belahan bumi, orang menanam dan mengembangkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal sebab mempunyai cita rasa yang istimewa, berbeda di tiap-tiap daerah tanam" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian kurang dari 1.000 meter MDPL dengan hawa antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat dan resistan hama.

Adapun ciri khusus paling gamblang yakni taraf kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi varietas ini hampir serupa. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, akan tetapi susah dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali pemanenan dalam setahun, kondisi ini karena ditanam di temperatur udara rendah, sehingga bisa cepat pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian wilayah yang terkenal dengan kopi robustanya di Negeri ini antara lain Lampung, juga beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang pernah mengetahui dan merasakan bermacam tipe kopi, bakal lebih selektif dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya kian ramai Coffee shop yang menyajikan berbagai variasi kopi Arabica.
Kendati seperti itu, masalah rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Trims sudah membaca informasi di website Khasiat Kopi Pahit Bagi Pria – Penjual Coffee Maker di Banjarbaru Utara, Banjarbaru, mudah-mudahan bermanfaat.

0 comments