Khasiat Kopi Radix Habbatussauda – Kios Pembuat Kopi Di Cikalong Wetan, Bandung Barat

Khasiat Kopi Radix Habbatussauda – Kios Pembuat Kopi Di Cikalong Wetan, Bandung Barat



Khasiat Kopi Radix Habbatussauda – Kios Pembuat Kopi Di Cikalong Wetan, Bandung Barat - Walaupun kian ramai penikmat kopi yang menandai beragam jenis kopi, namun tidak sedikit juga yang tampaknya masih tak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pait, tutur beberapa orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesimpel itu, tapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan banyak hal, dari tipenya, lokasi ditanamna, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, meski pun dengan jenis sama, rasa kopi wilayah Gayo serta Toraja Sulsel contohnya, menyandang aroma dan citarasa yang begitu beda.

Tanaman kopi tu sendiri menyandang jenis yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta adalah jenis mayoritas yang terdapat di tanah air dan digunakan di beberapa warung kopi.

Tapi, apakah kalian semua telah mengetahui keunikan dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menyatakan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, memiliki wujud biji lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit tapi mempunyai taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik bila ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di perkebunan juga hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini memerlukan perawatan yang lebih bagus sebab lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting seandainya ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap penuaian pun gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki bebauan yang wangi kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan penuh. Tidak heran kualitasnya juga jauh lebih mahal dibanding tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Tanah Air yaitu kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini banyak bermunculan yakni kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Radix Habbatussauda – Kios Pembuat Kopi Di Cikalong Wetan, Bandung Barat


Kopi Arabika dahulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, akan tetapi kini di berbagai bagian bumi, orang menanam serta mengembangkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karena menyandang cita rasa spesial, berlainan di tiap wilayah penanaman" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian kebun kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh serta kebal penyakit dan hama.

Adapun kekhasan paling gamblang ialah tingkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah lantaran rasa kopi varietas ini nyaris sama. Memang ada pula kopi robusta yang nikmat, tapi sulit ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali pemanenan dalam satu tahun, hal ini sebab ditanam di suhu rendah, maka dapat lekas panen" kata Iwan.

Sebagian daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Indonesia ialah Lampung, pun sebagian wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang sudah memahami dan merasakan beragam tipe kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya kian banyak kedai kopi yang menyajikan beragam varian kopi Arabika.
Kendati demikian, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah membaca risalah di website Khasiat Kopi Radix Habbatussauda – Kios Pembuat Kopi Di Cikalong Wetan, Bandung Barat, mudah-mudahan berguna.

0 comments