Khasiat Kopi Radix Halia – Onlineshop Coffee Maker di Banjar, Pandeglang

Khasiat Kopi Radix Halia – Onlineshop Coffee Maker di Banjar, Pandeglang



Khasiat Kopi Radix Halia – Onlineshop Coffee Maker di Banjar, Pandeglang - Biar makin berlimpah pecinta kopi yang mengenali beragam tipe kopi, tetapi gak sedikit pula yang nyatanya masih tak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, ujar beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tak sesimpel itu, tapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan penuh perihal, dari jenisnya, kawasan peraniannya, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan biji kopinya. Itulah sebabnya, kendati dengan jenis sama, cita rasa kopi wilayah Gayo dengan Toraja Sulsel misalnya, menyandang aroma dan flavour yang begitu berbeda.

Kopi tu sendiri menyandang jenis yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta adalah jenis mayoritas yang terdapat di negeri ini serta digunakan di beberapa kedai kopi.

Tetapi, apakah kalian semua telah mengerti karakteristik dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 mengartikan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, menyandang bentuk butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit tapi mempunyai peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik apabila ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lahan kopi juga seharusnya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini memerlukan perawatan yang lebih baik lantaran lebih rentan terkena hama karat daun terutama jika ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap panen pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai aroma yang sedap kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta padat. Tak heran mutunya juga jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Negeri ini yakni kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang banyak bermunculan adalah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Khasiat Kopi Radix Halia – Onlineshop Coffee Maker di Banjar, Pandeglang


Kopi Arabika dulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, akan tetapi masa ini di berbagai bagian dunia, orang menanam serta menumbuhkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karena mempunyai cita rasa spesial, berbeda di setiap wilayah tanam" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat dan kebal penyakit & hama.

Adapun kekhasan paling kentara yakni taraf kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi tipe ini hampir sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, tetapi sukar dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam setahun, hal ini karna ditanam di suhu rendah, maka bisa cepat pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian wilayah yang tersohor oleh kopi robustanya di Nusantara antara lain Lampung, juga sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang sudah mengenal serta merasakan beragam jenis kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya semakin ramai kedai kopi yang menyuguhkan beragam varian kopi Arabika.
Meski begitu, persoalan rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah menyambangi tulisan dalam halaman Khasiat Kopi Radix Halia – Onlineshop Coffee Maker di Banjar, Pandeglang, mudah-mudahan ada gunanya.

0 comments