Khasiat Kopi Rerama Pracampuran – Toko Mesin Pembuat Kopi di Nalo Tantan, Merangin

Khasiat Kopi Rerama Pracampuran – Toko Mesin Pembuat Kopi di Nalo Tantan, Merangin


Khasiat Kopi Rerama Pracampuran – Toko Mesin Pembuat Kopi di Nalo Tantan, Merangin - Meski semakin berlimpah pecinta kopi yang menandai beraneka macam jenis kopi, tapi gak sedikit pula yang tampaknya masih tidak memahami perbedaan kopi arabika dan robusta. yang jelas pait, tutur sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesimpel itu, akan tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan banyak hal, dimulai dari kelasnya, tempat ditanamna, lingkungan sekelilingnya, juga pengolahan biji kopinya. Karena itu, walau pun dengan jenis serupa, rasa kopi Gayo Aceh dan Toraja Sulsel misalnya, memiliki aroma serta cita rasa yang berlainan.

Tanaman kopi sendiri mempunyai verietas yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta merupakan verietas mayoritas yang ada di tanah air dan digunakan di beberapa warkop.

Tetapi, apakah anda semua telah tahu ke-khas-an dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 mengatakan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, memiliki wujud biji yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit namun mempunyai peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus kalau ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 M MDPL. Suhu di kebun kopi pun hendaknya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting seandainya ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica menyandang aroma yang harum seperti buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan padat. Tak heran nilainya juga jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Tanah Air adalah Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini ramai timbul ialah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Rerama Pracampuran – Toko Mesin Pembuat Kopi di Nalo Tantan, Merangin


Kopi Arabica dulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, tapi kini di beragam belahan bumi, petani menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karena menyandang cita rasa yang spesial, berlainan di setiap daerah tanam" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kebun kurang dari 1.000 M MDPL dengan hawa berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh dan kebal penyakit dan hama.

Adapun kekhasan paling eksplisit adalah peringkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karna rasa kopi jenis ini hampir serupa. Memang ada pula kopi robusta yang enak, tetapi sukar didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam setahun, kondisi ini sebab ditanam di temperatur udara rendah, sehingga bisa lekas panen" kata Iwan.

Beberapa wilayah yang terkenal oleh kopi robustanya di Tanah Air ialah Lampung, pula beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang sudah memahami dan merasakan berbagai jenis kopi, bakal lebih selektif dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya makin banyak Coffee shop yang menyuguhkan beraneka variasi kopi Arabika.
Walaupun begitu, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks sudah membaca artikel di halaman Khasiat Kopi Rerama Pracampuran – Toko Mesin Pembuat Kopi di Nalo Tantan, Merangin, mudah-mudahan ada gunanya.

0 comments