Khasiat Kopi Rerama Stevia – Online Shop Pembuat Kopi di Kutorejo, Mojokerto

Khasiat Kopi Rerama Stevia – Online Shop Pembuat Kopi di Kutorejo, Mojokerto


Khasiat Kopi Rerama Stevia – Online Shop Pembuat Kopi di Kutorejo, Mojokerto - Walaupun kian banyak penikmat kopi yang mengidentifikasi bermacam jenis kopi, tapi tak sedikit juga yang tampaknya masih tidak mengerti perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang terpenting pahit, kata sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesederhana itu, tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan banyak hal, mulai jenisnya, tempat penanamannya, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, walaupun dengan jenis serupa, cita rasa kopi Gayo Aceh dan Tana Toraja umpamanya, memiliki aroma dan flavour yang begitu beda.

Kopi sendiri mempunyai verietas yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta ialah jenis terbesar yang terdapat di Indonesia dan dipakai di sebagian besar kedai kopi.

Akan tetapi, apakah kamu semua pernah tahu keunikan dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 mengartikan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, mempunyai tatanan butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit tapi menyandang taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik jika ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter MDPL. Suhu di lokasi penanaman pun hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terserang hama karat daun terutama apabila ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap panen pula gak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai aroma yang wangi kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan penuh. Tak heran kualitasnya pun lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Tanah Air yakni Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini banyak timbul adalah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Khasiat Kopi Rerama Stevia – Online Shop Pembuat Kopi di Kutorejo, Mojokerto


Kopi Arabika dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, akan tetapi kini di beragam bagian bumi, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran produksinya melimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal lantaran mempunyai cita rasa spesial, berlainan di setiap wilayah penanaman" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian kebun kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat serta kebal penyakit.

Adapun kekhasan setidaknya menonjol adalah tingkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat sebab rasa kopi jenis ini hampir sama. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, namun susah ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam setahun, perihal ini lantaran ditanam di suhu yang rendah, sehingga bisa cepat panen" tutur Iwan.

Sebagian wilayah yang terkenal oleh kopi robustanya di Nusantara antara lain Lampung, pun sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang pernah mengetahui serta merasakan beragam veretas kopi, akan lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya makin ramai kafe yang menyuguhkan bermacam varian kopi Arabica.
Kendati seperti itu, persoalan rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah mengunjungi risalah di website Khasiat Kopi Rerama Stevia – Online Shop Pembuat Kopi di Kutorejo, Mojokerto, mudah-mudahan ada gunanya.

0 comments