Khasiat Kopi Rerama Stevia – Penjual Mesin Coffee Maker di Woyla Timur, Aceh Barat

Khasiat Kopi Rerama Stevia – Penjual Mesin Coffee Maker di Woyla Timur, Aceh Barat


Khasiat Kopi Rerama Stevia – Penjual Mesin Coffee Maker di Woyla Timur, Aceh Barat - Meski makin banyak penikmat kopi yang mengenali beragam tipe kopi, namun tidak sedikit juga yang nyatanya masih tidak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, kata beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesimple itu, akan tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan banyak hal, mulai kelasnya, lokasi penanamannya, lingkungan di sekitarnya, serta pengolahan biji kopinya. Itulah sebabnya, biar pun berjenis serupa, cita rasa kopi Gayo Aceh dan Toraja misalnya, mempunyai aroma serta citarasa yang berbeda.

Kopi tu sendiri menyandang verietas yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica serta Robusta merupakan verietas terbesar yang terdapat di Indonesia serta dipakai di sebagian besar coffee shop.

Namun, apakah kamu semua pernah tahu kekhasan dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menggambarkan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, mempunyai bentuk biji lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga nggak berlebihan pahit namun mempunyai tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik seandainya ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di lahan kopi juga seharusnya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terserang hama karat daun terpenting jika ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai bebauan yang harum semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta penuh. Tak heran harganya juga lebih mahal ketimbang tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Indonesia adalah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang banyak muncul adalah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Khasiat Kopi Rerama Stevia – Penjual Mesin Coffee Maker di Woyla Timur, Aceh Barat


Kopi Arabika dulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, tetapi saat ini di bermacam bagian dunia, orang menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal gara-gara mempunyai cita rasa spesial, berbeda di setiap daerah penanaman" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 meter MDPL dengan suhu kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh juga tahan hama & penyakit.

Adapun ciri khas setidaknya eksplisit adalah tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat lantaran rasa kopi jenis ini hampir sama. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, namun sukar didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam satu tahun, kondisi ini karena ditanam di temperatur udara rendah, sehingga bisa cepat pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa kawasan yang terkenal oleh kopi robustanya di Nusantara yaitu Lampung, pun sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang pernah mengenal dan merasakan beragam veretas kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya semakin ramai kafe yang menyajikan beragam variasi kopi Arabika.
Meski begitu, persoalan rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah membaca risalah di website Khasiat Kopi Rerama Stevia – Penjual Mesin Coffee Maker di Woyla Timur, Aceh Barat, moga-moga bermakna.

0 comments