Macam Kopi Aceh – Toko Mesin Coffee Maker Di Babakancikao, Purwakarta

Macam Kopi Aceh – Toko Mesin Coffee Maker Di Babakancikao, Purwakarta


Macam Kopi Aceh – Toko Mesin Coffee Maker Di Babakancikao, Purwakarta - Walaupun makin banyak pecinta kopi yang menandai beragam jenis kopi, namun tak sedikit juga yang tampaknya masih tidak memahami perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang jelas pahit, tutur sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesimpel itu, tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan banyak hal, mulai dari varietasnya, lokasi ditanamna, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, meski pun dengan jenis serupa, citarasa kopi wilayah Gayo dengan Toraja Sulsel misalnya, memiliki aroma dan flavour yang berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri memiliki jenis yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta merupakan jenis terbesar yang ada di tanah air dan dipakai di sebagian besar coffee shop.

Tapi, apakah kalian semua pernah mengerti kekhasan dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 menerangkan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, mempunyai tatanan butir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit tapi mempunyai taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus kalau ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter MDPL. Suhu di lahan kopi pun semestinya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus karna lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama jika ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen juga gak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang aroma yang wangi semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tak heran mutunya pula lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Negeri ini ialah Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini banyak muncul yaitu kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Macam Kopi Aceh – Toko Mesin Coffee Maker Di Babakancikao, Purwakarta


Kopi Arabika dulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, tetapi masa ini di bermacam bagian bumi, petani menanam dan mengembangkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal lantaran menyandang cita rasa yang istimewa, berbeda di tiap-tiap kawasan tanam" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat serta kebal hama dan penyakit.

Adapun keunikan setidaknya jelas ialah taraf kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi varietas ini nyaris sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, tapi susah dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, kondisi ini karna ditanam di suhu yang rendah, maka bisa cepat pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian daerah yang tersohor oleh kopi robustanya di Tanah Air adalah Lampung, pun beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang pernah memahami dan merasakan berbagai tipe kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya makin banyak warung kopi yang menyuguhkan beraneka varian kopi Arabika.
Kendati demikian, masalah rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Trims sudah membaca informasi di blog Macam Kopi Aceh – Toko Mesin Coffee Maker Di Babakancikao, Purwakarta, moga-moga bermanfaat.

0 comments