Macam Kopi Nusantara – Toko Mesin Coffee Maker Di Balen, Bojonegoro

Macam Kopi Nusantara – Toko Mesin Coffee Maker Di Balen, Bojonegoro


Macam Kopi Nusantara – Toko Mesin Coffee Maker Di Balen, Bojonegoro - Meski kian berlimpah pecinta kopi yang mengidentifikasi beraneka macam tipe kopi, tapi tak sedikit pula yang ternyata masih gak mengerti perbedaan kopi arabika dan robusta. yang jelas pait, kata sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesimple itu, tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan banyak hal, mulai dari jenisnya, kawasan penanamannya, lingkungan kanan kirinya, dan pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, walaupun berjenis sama, cita rasa kopi Gayo dan Tana Toraja umpamanya, mempunyai aroma serta cita rasa yang begitu berbeda.

Biji kopi sendiri menyandang jenis yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta adalah jenis mayoritas yang terdapat di tanah air serta dipakai di sebagian besar warung kopi.

Akan tetapi, apakah kalian semua pernah mengerti kekhasan dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 mengatakan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, menyandang struktur butir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit tapi menyandang taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di kebun kopi pun semestinya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini memerlukan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama bila ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian pula gak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki aroma yang wangi kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta padat. Tidak heran nilainya pun lebih mahal dibanding jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Nusantara yaitu kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang banyak muncul yaitu kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Macam Kopi Nusantara – Toko Mesin Coffee Maker Di Balen, Bojonegoro


Kopi Arabica dahulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, namun masa ini di bermacam belahan bumi, petani menanam serta mengembangkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal gara-gara memiliki cita rasa khas, berlainan di setiap kawasan tanam" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian kebun di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh dan kebal hama & penyakit.

Adapun kekhasan paling gamblang adalah peringkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah lantaran rasa kopi jenis ini hampir serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, tetapi sulit dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam satu tahun, perihal ini karna ditanam di hawa rendah, sehingga dapat cepat pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa wilayah yang terkenal dengan kopi robustanya di Nusantara adalah Lampung, pun sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang pernah memahami serta merasakan beraneka jenis kopi, akan lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya semakin ramai Coffee shop yang menyuguhkan beraneka variasi kopi Arabika.
Meski begitu, persoalan rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah mengunjungi informasi dalam halaman Macam Kopi Nusantara – Toko Mesin Coffee Maker Di Balen, Bojonegoro, semoga ada manfaatnya.

0 comments